Tergolong Rentan Terpapar, Ratusan Wartawan Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Gedung PWI Kalsel

0

SELAIN tenaga kesehatan, TNI-Polri, dan ASN, ratusan wartawan di Kalimantan Selatan juga mendapat prioritas jatah vaksin Sinovac. Kegiatan vaksinasi perdana untuk kalangan pewarta digelar di Gedung PWI Kalsel, Rabu (10/3/2021).

KEPALA Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muslim mengatakan, bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya percepatan pencegahan Covid-19 di Kalsel, khususnya di Kota Banjarmasin.

Menurutnya, wartawan merupakan orang yang rentan terpapar karena tugas sebagai seorang jurnalis yang harus selalu bertemu dengan banyak orang.

“Ini merupakan dukungan kita terhadap kawan-kawan di kota. Kenapa wartawan? Karena mereka ini merupakan kelompok yang memiliki resiko setelah nakes, TNI dan Polri. Wartawan atau Jurnalis ini kan sering bertemu dengan masyarakat banyak,” ujarnya.

BACA JUGA: Lansia-ASN di Banjarmasin Jalani Vaksinasi Covid-19, Plh Walikota: Seperti Digigit Semut

Muslim mengatakan bahwa para awak media menjadi prioritas utama pada termin pertama ini yang kemudian nanti akan diberikan juga
kepada seluruh masyarakat.

“Ini juga menjadi skala prioritas kita untuk pertama pada termin pertama ini. Selanjutnya semua warga juga akan kita lakukan vaksinasi,” tambahnya.

BACA JUGA: Sanksi Bukan Hal Utama, Vaksinasi Covid-19 Mestinya Dilakukan Secara Humanis

Selain itu, Muslim juga menjelaskan bahwa Vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 Khususnya di Kalsel.Apabila pelaksanaan Vaksinasi ini berhasil maka upaya yang di lakukan pemerintah untuk mencegah lebih banyak penularan Covid-19 ini juga berhasil.

“Vaksin ini untuk mengurangi angka sakit. Jadi kalau angka sakit berkurang maka angka kematian akibat Covid-19 ini juga berkurang,” jelasnya.

BACA JUGA: Tetap Patuhi Prokes, Jubir Satgas Covid-19 Banjarmasin Ingatkan Vaksinasi Bukan Jaminan Kebal Virus

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, menjelaskan ada sebanyak lebih dari 300 Wartawan yang terdata untuk melakukan Vaksinasi Covid-19. “Yang terdata ada 370 wartawan, tapi pelaksanaannya kita bagi menjadi dua hari, hari ini dan hari Jumat (12/3/2021) agar tidak berkerumun,” ujarnya.

Helmie sepakat vaksin diberikan kepada wartawan. Karena, menurutnya karena profesi wartawan ini langsung berhadapan dengan orang banyak. Untuk itu pemerintah juga menganggap jurnalis prioritas pertama mendapatkan vaksin.

BACA JUGA: Jemput Bola, Puluhan Lansia di Banjarmasin Ikuti Vaksinasi Covid-19

“Itu sudah dinyatakan presiden, Pak Jokowi pada saat Hari Pers Nasional beberapa waktu lalu agar wartawan menjadi prioritas penerima vaksin,” terangnya.

“Dewan Pers dan Kementerian Kesehatan juga menandatangani MoU untuk mempersiapkan sebanyak 5000 Vaksin untuk wartawan di seluruh Indonesia,” tambah Helmie

Dalam pelaksanaan vaksinasi, sebelumnya PWI Kalsel juga mendatangkan ahli hypnotherapy untuk mengurangi rasa phobia terhadap jarum suntik. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.