Penyidik Kejaksaan Belum Temukan Keterlibatan Pihak Lain di Kasus PD Baramarta

0

TIM Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel yang menangani kasus dugaan penyimpangan dana kas di PD Baramarta, yang melibatkan tersangka mantan Dirut PD Baramarta berinisial TI, menyatakan belum menemukan keterlibatan pihak lain dalam kasus ini.

“SAAT ini fokus pendalaman tim penyidik masih pada tersangka TI, dan belum menemukan ada tersangka lain,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Kalsel, Mahkfujat SH MH, kepada wartawan di Banjarmasin Rabu (10/3/2021).

Dia mengakui, sedikitnya 20 orang saksi sudah dimintai keterangan baik berasal dari internal PD Baramarta maupun eksternal. Namun Mahkfujat enggan membeberkan siapa saja saksi yang sudah dimintai keterangan.

BACA : Kasus Korupsi PD Baramarta, LSM KAKI Menduga Masih Ada Pihak Lain Yang Terlibat

Dia menjelaskan, jika posisi kasus diatas masih dalam tahap penyidikan, lebih tepatnya penyidikan khusus karena sudah ada tersangka yang ditetapkan. 

Dalam penanganan perkara yang ditangani oleh penyidik kejaksaan, sama seperti yang ditangani oleh pihak penyidik lain, seperti penyerahan tahap I (penyerahan beras perkara dari Penyidik kepada Jaksa Peneliti) akan diteliti apakah berkas perkara sudah lengkap atau belum.

Kemudian penyerahan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) kepada Penuntut Umum, selanjutnya nanti Penuntut Umum melimpahkan perkara tersebut ke Pengadilan

Meski Jaksa Peneliti dan Penuntut Umumnya nanti dari Kejati Kalsel, proses penanganan perkaranya tetap sesuai aturan yang telah ditentukan, misalnya apabila Jaksa Peneliti menganggap berkas perkara belum lengkap maka akan dikembalikan kepada Penyidik untuk dilengkapi sesuai petunjuk.

Disinggung adanya selentingan beredar, bahwa ada dugaan keterlibatan mantan-mantan pejabat dalam kasus ini? Kasi Penkum menyatakan belum dapat menyimpulkan hal tersebut. 

BACA JUGA :  Rugikan Negara Rp 9,2 Miliar, Mantan Dirut PD Baramarta Ditahan

Seperti diketahui, Mantan Dirut PD Baramarta berinisial TI ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Kalsel dalam kasus dugaan penyimpangan penggunaan kas. 

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel, Rudi Prabowo Aji melalui Asisten Pidana Khusus Kejati Kalsel, Dwianto Prihartono mengatakan, kasus dugaan penyimpangan kas tersebut diperkirakan menyebabkan kerugian negara kurang lebih Rp 9,2 miliar. 

Meski belum diungkapkan modus spesifik yang diduga dilakukan tersangka, namun diduga penyimpangan dana tersebut dilakukan TI dalam rentang waktu menjabat sebagai Direktur Utama PD Baramarta yaitu Tahun 2017 hingga 2020, hingga TI ditahan pada Kamis 18 Februari 2021 lalu.(jejakrekam)

 

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.