Usai Santap Soto, Warga Desa Datu Kuning Alami Keracunan Massal

0

WARGA Desa Datu Kuning, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), dibuat geger. Pasalnya, sejumlah warga desa itu diketahui mengalami keracunan massal usai menyantap hidangan acara posyandu, Senin (8/3/2021).

KERACUNAN massal ini pun diduga usai sejumlah warga mengkonsumsi soto, berupa campuran dari lontong, kuah, telur dan ayam. Ketika ada banyak warga yang mengalami gejala pusing-pusing dan lainnya, suasana panik pun terasa.

Untungnya, beberapa warga pun cepat membaw korban ke Unit Pelayanan Terpadat (UPT) Puskemas Rawat Inap Alabio untuk diberikan pertolongan pertama.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU Danu Fotohena membenarkan insiden keracunan massal yang dialami sejumlah warga di Desa Datu Kuning tersebut.

BACA : Mengharumkan, Posyandu Kota Raja Raih Juara II Nasional

“Pasien rata-rata anak atau balita. Sebagian lagi, orang dewasa. Keracunan ini terjadi diduga setelah mengkonsumsi makanan usai pelaksanaan posyandu,” Danu Fotohena kepada awak media di Amuntai, Senin (8/3/2021).

Ia menyebut saat ini, total korban yang dilaporkan dirawat akibat dugaan keracunan massal sebanyak 21 pasien. Danu menjelaskan gejala pasien keracunan massal itu umumnya mengalami muntah dan diare. Agar daya tahan tubuh membaik, para pasien pun dipasang infus untuk suplai makanan ke tubuh.

” Saat ini masih ada yang dirawat di UPT Puskesmas Alabio. Ada pula yang dibawa ke RSUD Pambalah Batung, Amuntai, jika tidak lagi ditangani di puskemas,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.