Prioritaskan Produk Lokal, Bupati Keluarkan Surat Edaran Gunakan Produk UMKM Lokal

0

GUNA mendorong daya beli produk lokal asli Bumi Sanggam, Bupati Balangan H Abdul Hadi menerbitkan surat edaran terkait prioritas pembelian atau penggunaan produk UMKM dan Pedagang pasar lokal di Kabupaten Balangan.

SURAT edaran bernomor. 518.3/104/ DKUKMP-BLG/2021 tersebut, berisi diantaranya tentang setiap pelaksanaan kegiatan baik rapat, koordinasi, sosialisasi, pelatihan di lingkungan masing masing instansi agar memprioritaskan penggunaan produk UMKM atau pedagang pasar lokal di Kabupaten Balangan.

Bukan hanya keperluan konsumsi rapat, surat edaran itu juga menghimbau agar pengadaan alat tulis kantor, pakaian seragam kantor maupun sekolah serta kebutuhan kantor lainnya sepanjang produknya mampu disediakan oleh UMKM atau pedagang pasar lokal maka harus dibeli di lokal maupun produk lokal.

Bahkan, dalam surat edaran itu, juga meminta setiap kegiatan penerimaan tamu yang berasal dari luar daerah untuk pemberian cinderamata atau oleh-oleh yang diberikan agar berasal dari Produk UMKM atau pedagang pasar lokal di Kabupaten Balangan.

Menurut Kabag Humas Pimpinan dan Keprotokolan, Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, Syaifuddin Tailah, memang surat edaran itu sudah dikeluarkan Bupati Balangan serta disebarkan kepada seluruh dinas di lingkup Pemkab Balangan.

Surat edaran itu, kata Syaifuddin, sebagai salah satu wujud kepedulian dan mendukung pengembangan sektor UMKM atau Pedagang Pasar lokal di Balangan.

“Selain itu agar dapat lebih mandiri dan berdaya serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Balangan,’’ ujarnya, Senin (8/3/2021)

Melalui surat edaran itu pula, lanjut dia, Bupati Balangan Abdul Hadi meminta kepada masyarakat yang telah membeli dan mengetahui produk-produk UMKM atau Pedagang Pasar lokal di Balangan agar berpartisipasi aktif dalam membantu mempromosikan produk.

“Mempromosikan produk lokal asli Balangan ini menjadi salah satu kewajiban kita bersama, minimal kita bisa ikut serta dengan cara memposting produk tersebut di medsos kita masing-masing,’’ pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.