Makin Ganas, Buaya Peliharaan Warga Handil Bakti Dievakuasi Tim Animal Rescue Banjarmasin

0

SEEKOR buaya betina jenis muara yang merupakan peliharaan warga dievakuasi Tim Animal Rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Senin (8/3/2021) sore.

REPTIL berbobot sekitar 25 kilogram dengan panjang 1,5 meter tersebut dievakuasi tim di sebuah ruko milik warga di Jalan Trans Kalimantan, Kabupaten Barito Kuala.

Pantauan jejakrekam.com, proses evakuasi juga melibatkan Tim Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin yang berlangsung sekitar 30 menit.

Untuk mengevakuasi, petugas tidak mendapat kesulitan yang berarti. Hanya saja, buaya yang berumur sekitar 2 tahun tersebut agak liar dan sangar, sehingga tim harus menenangkannya terlebih dahulu.

“Juga kurungan (buaya) nya itu terlalu kecil, sehingga kita agak kesulitan masuk ke dalam,” ujar Andy Putra, anggota BPBD Kota Banjarmasin.

Menurut Andy, alasan warga meminta pihaknya untuk mengevakuasi buaya betina tersebut lantaran naluri hewan buasnya kembali muncul.

BACA JUGA: Tergolong Hewan Langka, Animal Rescue Banjarmasin Evakuasi Trenggiling yang Masuk Rumah Warga

Atas hal itu, kata dia, si pemilik buaya khawatir kalau-kalau buaya terlepas dari kandangannya. Terlebih ketika air sungai kerap meninggi.

“Naluri hewan buasnya kembali muncul alias tidak jinak lagi. Kemudian di tempat itu, juga banyak anak-anak. Sehingga pemilik khawatir,” ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun, buaya itu tidak lagi diberikan daging oleh pemiliknya. Reptil tersebut hanya dikasih makan ikan-ikan kecil sehingga naluri buasnya mulai kembalian mengganas.

Usai dievakuasi, buaya tersebut akan dijemput oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel, untuk penanganan lanjutan. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.