LK 1 HMI Masukkan Materi Jurnalistik

0

KOMISARIAT Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tanjung mengenalkan teknik menulis jurnalistik kepada kader pemulanya, yang mengikuti Latihan Kader (LK) 1 di Aula Jenderal Soedirman Sekolah Alam Muhammadiyah (SAMTA) Tanjung, Sabtu (6/3/2021).

KETUA Komisariat HMI Tabalong, Widiana Wulandari mengatakan pihaknya memandang penting ilmu jurnalistik masuk ke dalam materi LK 1 untuk menguatkan Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) yang dimiliki HMI.

BACA: Latihan Kader HMI Tingkat Nasional di Palangka Raya

“Dalam HMI ada lembaga khusus yang bergerak dibidang jurnalistik atau biasa disebut dengan Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI). Ini bisa menjadi langkah awal bagi mahasiswa khususnya kader HMI yang tertarik dengan dunia jurnalistik untuk mengembangkan bakatnya,” jelas Widiana Wulandari.

Pemateri jurnalistik dasar yang diberikan mantan pengurus PWI Cabang Kalimantan Tengah, Kadarisman disampaikan dengan santai dan interaktif. Peserta diberikan kesempatan lebih banyak untuk berdiskusi hambatan-hanbatan dalam penulisan karya jurnalistik.

Selama 90 menit, peserta LK1 HMI diperkenalkan dengan beberapa jenis tulisan jurnalistik, yang diantaranya straight news dan feature.

“Kebingungan peserta itu biasanya bagaimana memulai penulisan. Sebenarnya rahasianya ada di 5W1H. Kita bisa memulai menulis dari prinsip dan unsur what, who, where atau lainnya, tergantung isu apa yang paling kuat dan ingin ditonjolkan,” ujar Kadarisman.

Sebelumnya LK1 HMI ini dibuka secara resmi oleh Ketua KAHMI Tabalong, Drs H Erwan pada Jum’at 5 Maret 2021, dan digelar selama 3 hari hingga 7 Maret 2021.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.