Konsultasikan Masalah RPKP dan BUMDesa, Bang Dhin Sambangi Kemendes PDTT di Jakarta

0

BERSAMA Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanah Bumbu, Sartika Dewi, Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin melakukan koordinasi dan konsultasi ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi ( Kemendes PDTT) RI di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

ADAPUN tujuan kedatangan Bang Dhin, sapaan akrab M Syaripuddin bersama Kadis PMD Tanah Bumbu ini adalah terkait Rencana Pembangunan Kawasan Pedesaan (RPKP) dan masalah Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang ada di Kalsel.

Kedatangan para wakil rakyat dari Kalsel ini disambut Koordinator Kelompok Subtansi Fasilitasi Perencanaan Teknis Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Heroe Prasetyo dan Koordinator Subtansi Fasilitasi  Perencanaan Teknis  Pengembangan Kelembagaan Ekonomi dan Investasi  Armega Fauzi di ruang rapat direktur perencanaan teknis pengembangan ekonomi dan investasi  Gedung B Lantai 2 Kemendes PDTT RI Jakarta.

BACA : Aspirasi Nelayan Langsung Disampaikan Bang Dhin Kepada Kementrian Kelautan Dan Perikanan

“Kabupaten Tanah Bumbu akan memprogramkan kawasan pedesaan dan BumDes. Ada 2  (dua) kawasan pedesaan di Tanah Bumbu yang di rencanakan; Agro Wisata dan Agropolitan,” ucap Bang Dhin. 

Harapan Bang Dhin Tanah Bumbu menjadi perhatian lokasi kawasan pedesaan dari Kementrian perencanaan teknis pengembangan ekonomi dan investasi. Seperti halnya lokasi kawasan pedesaan di kabupaten HSS, HSU, Tanah Laut, Kotabaru, Banjar dan Barito Kuala.

Bang Dhin yang juga Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mewakili daerah pemilihan 6 ini, seusai pertemuan mengungkapkan rasa syukur.

BACA JUGA : 90 BUMDes Sudah Terbentuk Di Kabupaten Tanah Laut

Alhamdulillah, lanjut Bang Dhin kunjungan hari ini  diterima dengan baik, sehingga kedepannya akan selalu melakukan sinergi mengenai program-program yang ada di kementerian dengan desa-desa yang ada di Kalsel khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Yang jelas kita menyampaikan usulan RPKP, Bumdes-Bumdes kedepan akan melakukan kreatifitas dan inovasi agar bisa naik kelas juga, karena pemerintah pusat kedepan akan memprioritaskan hal ini. Kita berharap nantinya  sinergitas akan terus berjalan antara pusat, provinsi  dan kabupaten kota,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Koordinator Kelompok Subtansi & Pemasaran Produk Unggulan Desa DT, dan Transmigrasi Heroe Prasetya, menyampaikan apresiasi atas kedatang Wakil Ketua DPRD bersama Kepala PMD Tanah Bumbu dan menyarankan agar  setiap Bumdes dapat dipastikan sudah terigester dan mempunyai cashflow dan market.

“Nanti BUMDes ini akan menjadi ujung tombak untuk pertumbuhan ekonomi di desa, apalagi sudah berbadan hukum,” jelasnya disela-sela pertemuan. Kemudian pengembangan usaha ekonomi produktif, utamanya yang dikelola oleh BUMDes,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.