Penjabat Gubernur Minta Satpol PP dan Linmas Tetap Kedepankan Pendekatan Humanis

0

SATUAN Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Satpol PP dan Linmas) diharapkan tetap melaksanakan tugas kewenangan secara profesional dan humanis.

UNGKAPAN ini disampaikan Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA kepada wartawan, Rabu (3 /3/2021) usai mengikuti Peringatan HUT ke-71 Satpol PP dan Linmas yang diikuti di 13 kabupaten/kota secara virtual. “Kita berharap Satpol PP lebih profesional, berkompeten, berintegritas, harus humanis dan menghindari tindakan kekerasan,” paparnya.

Satpol PP dalam struktur pemerintahan termasuk urusan wajib dan layanan dasar, yang memiliki standar layanan minimal dalam menjalankan tugasnya.

BACA: Penertiban Baliho Bando A Yani Disimpulkan Ombudsman Tindakan Maladministrasi Satpol PP

Pemerintah daerah memprioritaskan anggaran dalam rangka pencapaian pelayanan standar minimal. Personil pun terus ditingkatkan sumber daya serta kemampuannya sehingga lebih andal.

Seruan peningkatan profesionalisme, integritas, dan tetap humanis juga disampaikan Menteri Dalam Negeri , Tito Karnavian melalui pidato yang dibacakan Pj Gubernur Safrizal.

Mendagri mengingatkan anggota Satpol PP dan Linmas tetap melaksanakan kewenangannya secara proporsional, menghindari sikap yang arogan serta tetap humanis saat berugas.

Satpol PP dan Sat Linmas memiliki tugas sebagai pengemban tugas kepolisian yang terbatas, khususnya dalam rangka penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah di daerah masing-masing, memelihara keamanan serta ketertiban umum.

BACA JUGA: Curhat Pedagang Pasar Kuripan Usai Kiosnya Dibongkar Satpol PP

Demikian juga satuan Linmas memiliki tugas pengemban fungsi kepolisian dalam rangka menegakkan aturan-aturan, menjaga keamanan terutama dalam proses rangkaian pemilu dan pilkada.

Tema HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini adalah ‘Kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas Dalam Upaya Membantu Pencegahan Pengendalian dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 untuk Menuju Indonesia yang Sehat’.

Karenanya, jajaran Satpol PP dan Linmas juga diminta meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung penertiban protokol kesehatan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap melakukan 5M, yakni mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan.

BACA LAGI: Razia Prokes Satpol PP Tanbu, Pedagang dan Pembeli Pasar Pagatan Jadi Sasaran

Di akhir acara, Safrizal berdialog dengan beberapa perwakilan Satpol PP dan Linmas di daerah dan meminta kegiatan penerapan prokes setempat, termasuk data anggota yang terpapar covid-19.

Dari Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan Kotabaru secara bergiliran memberikan tanggapan mereka dan kegiatan penertiban prokes.

Di HSS bahkan mereka siap divaksin massal demi menjaga kekebalan tubuh atau imunitas untuk menangkal terserang covid-19.

“Tetap menjaga diri, lindungi diri sesuai standar kesehatan, semoga anggota Satpol PP dan Linmas terus diberikan kesehatan,” doanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.