Husairi Abdi

Akan Diisi Pejabat Eselon II, Sosok Pj Walikota Banjarmasin Masih Teka-teki

0

PASCA ditinggal Ibnu Sina (17/2/2021) lalu, sampai sekarang sosok Penjabat (Pj) Walikota Banjarmasin masih teka-teki. Kendati sudah diketahui, pejabat yang pantas mengisi posisi ini adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II.

SEMENTARA ini, roda pemerintahan di ibukota Kalsel dipegang Mukhyar, yang merupakan Pj Sekretaris Daerah sekaligus Pelaksana Harian (Plh) Walikota Banjarmasin.

Perihal ini, Mukhyar mengaku telah bertemu dengan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal. Pejabat senior di Balai Kota Banjarmasin itu mempertanyakan siapa yang akan mengisi jabatan Pj Walikota.

BACA : Gugatan AnandaMu Berlanjut Di MK, Mukhyar Ditunjuk Jadi Plh Walikota Banjarmasin

Sebab, menurut Mukhyar, Pj Walikota sangat diperlukan. Mengingat kewenangan Plh sangat terbatas. Saat ini, kata Mukhyar, sudah ada beberapa kandidat telah diusulkan ke Kementerian oleh Pemprov Kalsel untuk menduduki Pj Walikota Banjarmasin.

“Kalau pertimbangannya eselon dua dan orang Pemkot Banjarmasin, cukup banyak. Misalnya ada pak Fajar Desira dan Hermansyah. Banyak yang memenuhi syarat. Mungkin karena banyak juga persoalan lain, jadi belum terbaca,” ujarnya.

Di satu sisi, Mukhyar mengakui bahwa jabatan Plh Walikota yang dia emban boleh dibilang cukup lama. Benar saja, sejak (18/2/2021), terhitung sudah hampir dua pekan.

“Sesuai apa yang disampaikan Kemendagri saat video conference, jika perselisihan Pilwali dilanjutkan. Maka hanya sampai tanggal 26 Februari cukup diisi oleh Plh. Kalau berlanjut sampai April, diisi oleh Pj,” ucapnya. Meski demikian, Mukhyar menyatakan bahwa yang paling penting saat ini adalah roda pemerintahan di Banjarmasin tetap berjalan.(jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.