Berkat Dedikasinya, DKB Dorong Nama Gusti Jamhar Akbar Diabadikan

0

WAFATNYA sang maestro Lamut di Kalsel, Gusti Jamhar Akbar pada Minggu (28/2/2021) pagi tadi, menyisakan duka mendalam di dunia kesenian tradisional Banjar.

KETUA Dewan Kesenian Banjarmasin, Hajriansyah berencana mengusulkan nama Gusti Jamhar Akbar untuk diabadikan sebagai nama jalan atau gedung kesenian di kota ini.

“Kita coba usulkan ke pihak terkait, mudah-mudahan bisa dijadikan nama jalan atau nama gedung kesenian,” katanya, Minggu (28/2/2021) sore.

Menurut Hajri, rencana pengusulan ini untuk menghormati dedikasi terhadap Kai Jamhar dalam upaya melestarikan kesenian Lamut. Terlebih, almarhum telah mendapat julukan maestro dari Presiden RI ke-6 SBY. Bahkan juga ada penghargaan dari Kesultanan Banjar.

BACA : Maestro Lamut Banua, Gusti Jamhar Akbar Tutup Usia

“Artinya beliau sudah membawa kebanggaan bagi Kalimantan Selatan. Jadi sangat layak untuk diapresiasi dengan mengambil nama beliau untuk dijadikan nama jalan atau gedung kesenian,” tambahnya.

Lebih jauh. Hajri menyayangkan proses pewarisan pelamutan tidak berjalan baik, sepeninggal Kai Jamhar. Kendati anak almarhum sudah memahami tentang sebuah tradisi berkisah yang berisi cerita tentang pesan itu.

“Beliau salah satu pelamutan terbaik. Tapi sayang pewarisannya tidak berjalan dengan baik. Walaupun anak beliau paham, namun belum naik panggung,” ujarnya.

Ia berharap, ada orang yang bisa mewarisi keahlian sang maestro. Mengingat, semasa hidupnya Kai Jamhar juga memiliki beberapa orang murid dan melakukan pelatihan tentang kesenian lamut.

“Mungkin tidak sebaik Beliau, kita harap adalah satu atau dua orang yang berani naik panggung. Saya akan mengupayakan hal itu, agar ada regenerasi. Paling tidak yang pernah berhubungan langsung dengan beliau,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.