Banjarmasin Jadi Prioritas, Vaksinasi Corona Tahap II Digeber Awal Maret 2021

0

BERES menggeber vaksinasi Covid-19 untuk kalangan tenaga kesehatan, Kalimantan Selatan, khususnya Kota Banjarmasin ditarget menjalankan kegiatan vaksinasi Corona tahap II bakal digelar pada awal Maret 2021.

PELAKSANA Harian (Plh) Walikota Banjarmasin, membeberkan bahwa vaksinasi Covid-19 tahap II ditujukan kepada pekerja publik dan lansia yang ada di Kota Banjarmasin. Dua target ini memang tergolong rentan terpapar virus Corona.

“Saya berharap kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan mencapai target 100 persen,” kata Mukhyar.

Adapun sasaran penerima vaksin tahap 2 ini berjumlah 39.902 se-Kalsel. Dari keseluruhan sasaran 21.543 di antaranya diperuntukkan bagi lansia atau masyarakat berusia di atas 59 tahun, sedangkan sisanya sebanyak 18.359 sasaran petugas atau pekerja pelayanan publik.

“Pengiriman termin pertama tahap 2 ini diutamakan bagi lansia di Ibu Kota Provinsi, selebihnya untuk lansia kabupaten kota lainnya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kalsel, HM. Muslim, Kamis (25/2).

BACA JUGA: Gubernur Kalsel Kala Disuntik Vaksin Covid-19: Rasanya Sakit-sakit Nyaman

Menurut Muslim, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua bisa dilaksanakan di puskesmas atau secara massa di institusi. Ia mencontohkan untuk TNI, Polri, atau ASN bisa dilaksanakan di institusi masing-masing. Disebutkan Muslim vaksinasi lansia bisa dilaksanakan secara massal di puskesmas. 

“Beberapa strategi vaksinasi akan kita terapkan. Begitupula dengan vaksinasi mobile kita siapkan untuk sasaran tertentu seperti kelompok pekerja di pasara da sejenisnya,” tuturnya.

Selain diperuntukkan bagi lansia dan petugas pelayanan publik, alokasi vaksian tahap 2 juga digunakan menutupi kekurangan bagi tenaga kesehatan (nakes). Hingga saat ini vaksinasi bagi nakes terealisasi 86,22 persen untuk suntikan pertama dan 51,24 persen suntikan kedua. “Antara suntikan pertama dan kedua memerlukan waktu 14 hari. Vaksinasi bagi nakes terus berjalan,” bebernya.

BACA JUGA: Lima Kepala Daerah di Kalsel Resmi Dilantik, Pj Gubernur Pesan Empat Prioritas Program

Lantas kapan direncakanakan vaksinasi di luar nakes? Dikatakan Muslim sesui rencana akan dimulai awal Maret mendatang. Muslim mengakui sasaran sebanyak 39.902 orang jika diandingkan dengan keseluruhan penduduk Kalsel masih banyak kekurang.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya melaksanakan vaksinasi sesuai tersedianya dosisi vaksin. Diungkapkannya Kalsel di luar 7 daerah prioritas covid tertinggi di Indonesia.

Alokasi vaksin bagi daerah prioritas seperti Jawa dan Bali sebesar 70 persen,  selebihnya hanya mendapatkan alokasi 30 persen dari keseluruhan ketesediaan vaksin.

“Vaksin sudah kami distribusikan ke Banjarmasin, Barito Kuala, Banjarbaru, dan Banjar. Distribusi berikutnya ke Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabar. Selanjutnya distribusi ke daerah hulusungai. Distribusi vaksin secara bertahap sesuai ketersediaan. Begitu ada vaksin langsung kita distribusikan,” ucapnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.