Resmi Dilantik Jadi Bupati Tanbu, Zairullah Beberkan Empat Program Andalan

0

USAI resmi dilantik sebagai Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar berkomitmen secepatnya menjalankan program yang sudah dikonsep.

DIA mengatakan, selain memprioritaskan apa yang dipesankan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, dia juga akan menjalankan empat program, agar Kabupaten Tanah Bumbu menjadi daerah maju, terdepan serta menjamin kesejahteraan masyarakat.

Empat program adalah pembentukan sumber daya manusia (SDM), penguatan ekonomi, infrastruktur, dan pemerintahan.

Dia menerangkan, SDM diletakkan pada posisi pertama karena Tanah Bumbu harus memiliki generasi yang bisa ikut terlibat memperjuangkan dan memberikan aspirasi dalam pertumbuhan daerah.

Caranya, jelas Zairullah, dengan menguatkan human development indeks (HDI). “Kuncinya SDM ini ada pada konsep HDI yang domainnya ada 3, yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Ini yang akan saya jalankan, ujarnya.

BACA JUGA: Duet Zairullah-Rusli Sepakat Lanjutkan Program Kesehatan Gratis ala Bupati Sudian Noor

Beda halnya dengan penguatan pemerintahan, Zairullah akan membuat terobosan membuat mutu pemerintahan yang lebih baik dan bersih. Strateginya adalah membangun kepercayaan warga terhadap unsur-unsur pemerintahan dengan memperbanyak pendidikan dan pelatihan.

Untuk penguatan ekonomi, Zairullah mengatakan, Tanah Bumbu memiliki berbagai sumber daya yang bisa dimaksimalkan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Selain pada sektor pertambangan, ada perkebunan, pertanian dan juga perikanan, serta yang tidak kalah penting adalah penguatan usaha ekonomi kecil menengah (UMKM) di desa-desa.

“Ekonomi ini menjadi sangat penting karena bagaimana pun kalau bicara pembangunan kata kuncinya adalah ekonomi. Oleh sebab itu kita akan mulai dari yang kecil sampai yang makro,” tambahnya.

BACA JUGA: Hari Terakhir Kampanye, ZR Sampaikan Seluruh Program Kerja Unggulan

Terkait program infrastruktur, Zairullah menyebut, Tanah Bumbu memiliki masalah pada fasilitas jalan. Menurutnya masih banyak jalan rusak yang menghambat percepatan ekonomi.

Apalagi, dengan pindahnya ibu kota negara (IKN) ke Penajam, Kalimantan Timur, maka Tanah Bumbu harus memiliki infrastruktur jalan yang baik, juga saat ini sudah ada jalan tol dari Banjarmasin.

Selain infrastruktur jalan, rumah sakit yang ada di Tanah Bumbu akan ditingkatkan pelayanannya agar dapat menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Kalsel.

“Kembali terkait masalah SDM, kita akan membangun perguruan tinggi , dan sekolah sekolah yang berhubungan dengan SDA kita seperti perikanan dan kelautan, maka tentu nantinya kita akan membangun sekolah sekolah perikanan dan kelautan,” pungkasnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.