Terdampak Banjir, Petani di Balangan Dapat Bantuan Benih

0 25

DINAS Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan, menyerahkan bantuan bibit benih padi sawah dan jagung untuk petani yang terdampak banjir di Kabupaten Balangan.

PENYERAHAN ini dilakukan sebagai upaya langkah dari pemerintah provinsi untuk membantu lahan bercocok tanam yang digunakan para petani terkena banjir baik dari yang gagal maupun masih bersemai.

Adapun bantuan yang diberikan berupa benih padi dan ada beberapa karung bibit jagung siap tanam dengan berat total sekitar lima ton.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalsel Syamsir Rahman, menuturkan ada sekitar 200 hektare lahan pertanian yang terdampak banjir sehingga mengakibatkan kehilangan bahan pangan sekitar 800 ton.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat memberikan bantuan dari Paman Birin atau sapaan akrab dari Gubernur Kalimantan Selatan, yang diberikan kepada para petani yang lahannya rusak akibat banjir,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Syamsir Rahman berharap untuk petani agar segera melakukan penanaman kembali dari bibit yang telah diberikan, karena masih ada waktu beberapa bulan.

Untuk para petani agar selalu optimis dan segera menanam kembali benih yang di bantu karena kalau kita menanam bulan ini insyaallah Bulan Mei akan memanen kembali..

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Rahmadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu para petani untuk menanam kembali bibit benih serta jagung ini.

“Alhamdulillah hari ini kita kedatangan dari Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan dengan membawakan lima ton bibit benih padi dan jagung, semoga bisa dimanfaatkan oleh petani,” ungkapnya.

Tak jauh dari balai penelitan, Rojani selaku ketua kelompok tani Desa Teluk Karya mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah provinsi yang telah memberikan bantuan bibit benih padi dan jagung.

“Sebelumnya di desa kami selama beberapa tahun selalu panen, hanya tahun ini kami gagal panen, dikarenakan banjir, bibit benih kami menjadi busuk dan tidak layak digunakan,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.