Dua Desa Dibidik Jadi Kawasan Agrowisata di Barito Utara

0

KETERSEDIAAN lahan yang cukup banyak, membuat Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara ingin segera mengembangkan tanaman buah-buahan di daerahnya.

KEPALA Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin Surapati, memastikan akan segera mengembangkan tanaman nenas dan pisang kepok di dua wilayah. Yakni, di Desa Trinsing,  Kecamatan Teweh Selatan dan di Desa Bayas, Kecamatan Teweh Tengah.

“Pengembangan tanaman nenas di Trinsing, karena dulu desa ini memang banyak tanaman nenas. Jadi, bila ini dikelola dengan baik dapat tumbuh subur,” ucap Syahmiludin Surapati kepada awak media, usai meresmikan Pasar Tani di Muara Teweh, Jumat (19/2/2021).

Menurut dia, kondisi wilayah dan lahan di Desa Trising, memang sangat cocok karena melihat pengalaman pada tahun sebelumnya justru bisa panen raya.

“Jadi, ke depan, kami  menyiapkan lahan untuk tanaman ini, apalagi nenas menjadi buah buahan yang digemari oleh masyarakat. Jadi, bisa membawa dampak bagi perekonomian warga,” ucapnya. 

BACA : Pikat Wisatawan, Tiga Objek Wisata Unggulan di Barito Utara Terus Dikembangkan

Masih menurut Syahmiluddin, selain nenas, pengembangan perkebunan pisang kepok di Desa Bayas bisa digenjot, karena banyak pohon pisang yang telah ditanam warga setempat.

“Jadi, ditambahnya luasan tanam, maka ini akan menjadi kawasan tertentu dan bahkan bisa dijadikan obyek wisata. Apalagi, dalam kawasan itu terdapat tanaman buah yang dipelihara dengan baik,” katanya.

“Mengenai lahan sudah kita siapkan sesuai rencana. Bila ini dilaksanakan, maka Barito Utara punya kawasan agrowisata,” imbuh Syahmiluddin.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.