Pj Gubernur Kalsel Tiba di Banjarmasin, Paparkan Empat Tugas Utama Pemerintahan

0

PENJABAT Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, hari ini, Selasa (16/2/2021), tiba di Kota Banjarmasin untuk menjalankan roda pemerintahan di Bumi Lambung Mangkurat.

SETELAH mendarat di Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru, ia langsung melipir tempat kediaman gubernur, tepatnya di Mahligai Pancasila Banjarmasin, dan bertemu sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel.

Kepada wartawan, Safrizal bilang akan menjalankan empat tugas utama saat diamanahi menjadi Pj Gubernur Kalsel.

Pertama, ia bilang akan fokus terhadap roda pemerintah sehari-hari sampai menunggu gubernur definitif dilantik. Kedua, ikut mengawal demokrasi pilkada yang kini tengah berproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ketiga, mempercepat mitigasi dalam rangka penanganan bencana banjir di Kalsel,” ujarnya. Terakhir, Safrizal berkomitmen untuk mengakselerasi penanganan Covid-19 di wilayah Kalimantan Selatan.

“Ada empat pokok itu. Tapi yang lain juga saya tetap jalankan, tapi porsinya tentu tugas pokok yang diutamakan,” kata pria yang juga menjabat sebagai Dirjen Bina Administrasi Wilayah (Adwil) Kementerian Dalam Negeri tersebut.

Safrizal sebelumnya dilantik oleh Mendagri, Tito Karnavian, sebagai Pj Gubernur Kalsel, mengisi kekosongan jabatan lantaran gubernur hasil Pilkada Kalsel 2020 masih berproses di MK. Ia dikukuhkan sebagai penjabat, pada Senin (15/2/2021).

BACA JUGA: Dari Kemendagri, Posisi Penjabat Gubernur Kalsel Kini Resmi Dipegang Figur Safrizal

Untuk diketahui, Safrizal lahir dan mengenyam sekolah hingga SMA di Aceh. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan ke IPDN.

Safrizal melanjutkan Pendidikan di STPDN Jatinangor, lalu ke IIP Jakarta, serta menyelesaikan program pada IPDN dengan prestasi yang membanggakan. Safrizal mengawali karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, dengan jabatan sebagai Lurah Kota Lhokseumawe tahun 1994.

Ia kemudian menjadi Sekretaris Camat Kecamatan Makmur Kabupaten Aceh Utara tahun 1998. Ia berkarir di kemendagri dengan mengemban sejumlah jabatan.

Ia dilantik sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada 27 Juli 2020 silam. Saat ini Safrizal menyandang pangkat/golongan, Pembina Utama Muda (IV/C) dengan NIP 197004211990091003. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.