Belum Ada Investor, Kereta Api di Kalsel Tak Bisa Terealisasi

0

KEINGINAN masyarakat Kalsel untuk memiliki moda transportasi kereta api sepertinya masih belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Sebab, hingga saat ini masih belum ada investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di bisnis ini.

DARI estimasi biaya, diperlukan sekitar Rp 24 triliun untuk membangun jalur atau rel kereta api yang nantinya akan melintas sepanjang ratusan kilometer dari Kabupaten Tabalong hingga Banjarmasin.

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin menyebut, dengan anggaran sebesar itu, maka skema pembiayaannya adalah dengan kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

BACA : 2021 Pemprov Kalsel Lakukan FS Kereta Api Ke Bandara Syamsudin Noor

“Hal itu sudah dilakukan sejak 2018 silam, namun hingga saat ini belum ada badan usaha ataupun investor yang tertarik untuk melakukan investasi dalam pembangunan jalur kereta api tersebut,” ucapnya.

Namun demikian, M Syaripuddin tetap memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi atas upaya dan kerja kerasnya selama ini guna mewujudkan moda transportasi kereta api bagi masyarakat Banua.

Politisi PDI Perjuangan yang biasa disapa Bang Dhin menjelaskan, proses pengupayaan pembangunan jalur kereta api Banjarmasin-Tanjung itu sudah berjalan dari tahun 2000 silam hingga sekarang.

“Agar proyek ini berjalan baik dan dapat dirasakan masyarakat Kalsel, tentunya banyak hal yang memang harus dipersiapkan oleh pemerintah,” ucap Bang Dhin.

BACA JUGA :  Berbiaya Mahal, Kalimantan Sulit Wujudkan Moda Transporasi Kereta Api

Sementara dari segi administrasi atau dokumen lainnya, lanjut Bang Dhin, pemerintah sudah menyiapkan dan memfasilitasi, sehingga langkah selanjutnya tinggal pengerjaan pembangunan saja. “Untuk pembebasan lahan akan dilakukan pemerintah provinsi dan pusat,” sebutnya.

Sedangkan DPRD Kalsel, lanjutnya, bakal mendukung penuh akan ketercapaian proyek pembangunan jalur kereta api Banjarmasin-Tanjung dan mendorong untuk ketercapaian investor yang masuk.

“Dari teman-teman dewan maupun rekan bisnis lainnya, sudah kita sampaikan agar bisa berinvestasi disini. Namun hingga saat ini masih belum ada yang tertarik,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2021/02/16/belum-ada-investor-kereta-api-di-kalsel-tak-bisa-terealisasi/
Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.