Dilakukan Secara Dadakan, Puluhan Pegawai BNNK Balangan Dites Urine

0

GUNA memastikan insitusinya juga terbebas dari narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan melakukan tes urine kepada puluhan pegawai di instansinya. Tes itu dilakukan secara dadakan, Kamis (4/11/2021).

TES urine kepada seluruh pegawai BNNK Balangan tanpa terkecuali ini, dengan tujuan untuk meminimalisir praktik penyalahgunaan obat terlarang bagi anggotanya tersebut, langsung dipimpin oleh Kepala BNNK Balangan AKBP Katamsi di halaman depan kantornya.

Hasil tes tidak menunjukan tak satupun pegawai BNNKabupaten Balangan terindikasi reaktif menggunakan metamfetamina atau jenis Narkoba lainnya.

Katamsi menjelaskan, bahwa uji sampel itu untuk membuktikan bebasnya peredaran narkotika di kalangan pegawainya.

“Sebagai instansi pencegahan dan penindakan penyalahgunaan obat terlarang, wajib bagi kami para pegawai agar bebas dari narkoba. Sehingga tidak ada anggapan negatif dari masyarakat,” tegasnya.

Dirinya menegaskan, pegawai BNN Kabupaten Balangan yang kedapatan mengkonsumsi atau terlibat dalam peredaran obat terlarang akan ditindak tegas. “Langsung kita proses, jika nanti ada pegawai yang kedapatan mengkonsumsi narkoba,’’ janjinya.

Terlepas dari itu, menurut mantan Wakapolres Balangan ini, memang ada beberapa kendala yang masih menjadi pekerjaan rumah pihaknya dalam menjalankan tugas BNNK Balangan sehari-sehari.

Salah satu kendala tersebut, kata Katamsi, yakni masih terbatasnya personel di BNN serta tenaga medis dalam menjalankan proses rehabilitas yang dijalankan.

“Tapi kita tetap bekerja semaksimal mungkin dalam memerangi narkoba di Balangan,’’ ungkapnya.

Namun menurut dia, tanggung jawab dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan tanggung jawab bersama termasuk seluruh elemen masyarakat.

“Kita harus siap saling bahu membahu, bekerjasama guna meminimalisir terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang dapat mengancam kelangsungan hidup generasi bangsa, khususnya di Bumi Sanggam,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.