Masa Jabatan Ibnu Menghitung Hari, Sosok Pj Walikota Banjarmasin Masih Teka-teki

0

JAWABAN atas teka-teki siapa sosok Penjabat (Pj) Walikota Banjarmasin bakal diumumkan paling lambat sebelum Rabu (17/2/2021) mendatang. Itu jika sengketa hasil Pilkada Banjarmasin dilanjutkan oleh Mahkamah Konstitusi.

DIKETAHUI, saat Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin terpilih, Ibnu Sina-Arifin Noor tengah bersengketa di MK lantaran dilaporkan pasangan Ananda dan Mushaffa Zakir.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Banjarmasin, Dolly Syahbana mengaku masih berkonsultasi dengan Menteri Dalam Negeri perihal tersebut.

Menurutnya, berdasar surat edaran Mendagri sosok pengisi Penjabat Walikota Banjarmasin boleh diisi oleh pejabat definitif sekretaris daerah kota setempat.

Namun, lantaran walikota terpilih bersengketa di MK, maka harus Gubernur Kalsel yang mengajukan nama sosok pengisi posisi Pj Walikota Banjarmasin mulai 17 Februari nanti.

“Nah itu yang masih belum ada keputusan. Apakah tetap menunjuk pejabat Sekdakot Banjarmasin sebagai Plh Walikota atau menunggu arahan dari Mendagri,” ucapnya, Selasa (9/2/2021).

Dolly berkata, sosok penjabat walikota kemungkinan bakal diisi pejabat eselon II dari Pemprov Kalsel atau langsung pejabat definitif Sekdakot Banjarmasin.

Lantas, apakah nama Mukhyar yang kini menjabat sebagai Pj Sekdakot Banjarmasin tetap bisa mengisi posisi penjabat walikota?

Menurutnya, sosok Mukhyar sangat mungkin mengisi posisi Pj Walikota Banjarmasin. Sebab, kata dia, tugas Pj sama saja dengan pejabat definitif Sekdakot Banjarmasin.

“Sebenarnya kalau kita lihat di perundangan, penjabat sekda ini sebenarnya kurang lebih dengan definitif. Fungsi dan tugasnya sama dengan definitif. Cuman namanya aja Pj Sekda,” jelas Dolly.

Untuk diketahui, pada 17 Februari mendatang jabatan Walikoya dan Wakil Walikota Banjarmasin resmi ditanggalkan Ibnu Sina dan Hermansyah.

Rapat paripurna terkait usulan pemberhentian kepala daerah pun telah digelar bersama DPRD Banjarmasin, Selasa (2/2/2021) lalu. (jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.