Pemkab Tanbu Raih Indek Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik Kategori Baik

0

Indek Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Tahun 2020 meraih kategori Baik. 

Hal tersebut diketahui setelah Kemenpan RB melakukan kegiatan evaluasi SPBE Tahun 2020 melalui metode evaluasi mandiri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanbu, Ardiansyah, menyatakan bahwa dari tahun ke tahun nilai indeks SPBE Pemkab Tanbu mengalami peningkatan, Jum’at (05/02). 

Pada tahun 2018 Indeks SPBE tercatat sebesar 1,73 masuk kategori cukup, tahun 2019 tercatat sebesar 2,37 masuk kategori cukup, dan tahun 2020 meningkat menjadi 3,00 masuk kategori baik.

“Pada tahun 2018 mendapat nilai 1,73 atau kategori cukup karena pada tahun tersebut baru mulai. Secara layanan pada tahun itu sudah ada dan lengkap, cuma kebijakan dan tata kelola masih lemah. Namun  pada tahun 2019, kita terus lakukan evaluasi dan usaha yang hasilnya nilai SPBE mengalami peningkatan,” ujar Ardiansyah.

Kemudian di Tahun 2020 terus berusaha dan bekerjasama dengan SKPD di Tanbu sehingga nilai indeks SPBE Tanbu 2020 meraih kategori Baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Setiap tahun dilakukan evaluasi dan penilaian SPBE mulai dari Kementerian, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia. Penilaian dilakukan oleh Kemenpan RB bekerjasama dengan Perguruan Tinggi,” ucapnya.

Adapun yang menjadi keunggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Tanah Bumbu yaitu pada aspek pelayanan.

Keunggulan di Tanbu dari segi layanan yang rata-rata di level 4. Artinya layanan sudah terintegrasi dari layanan ke layanan lain. Kemudian ada hasil evaluasi juga. Layanan tersebut ada manajemen kepegawaian, perencanaan, penganggaran, manajemen keuangan, manajemen kinerja, ada pengaduan publik, dan lainnya.

Sementara itu, Bupati Tanbu, H. Sudian Noor, menyambut baik dengan meningkatnya pelayanan berbasis elektronik di Tanah Bumbu. Hal ini tentunya merupakan usaha bersama untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Bupati berharap Indek SPBE ini terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga dapat menghasilkan layanan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat, pelaku usaha, dan instansi pemerintah.

Terkait Indeks SPBE Tanbu yang meraih predikat Baik, Bupati H. Sudian Noor menyampaikan ucapan terimakasih kepada SKPD Pemkab Tanbu dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan SPBE tersebut.(Jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.