Sering Meluap Ketika Hujan, Pemkab Barut Normalisasi Sungai Sikuy

0

KAWASAN Desa Sikuy, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, merupakan area langganan banjir saat hujan deras. Fenomena ini sering terjadi, apalagi pada puncak musim hujan seperti belakangan waktu terakhir.

BAHKAN, beberapa hari lalu, jalan raya di kawasan ini pun sudah dipenuhi dengan air yang datang dari hulu. Akibatnya, banyak pengguna jalan raya terhenti menunggu air surut hingga beberapa jam lamanya.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah, lantas memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat agar segera melakukan penanganan dan pembersihan Sungai Sikuy.

Nadalsyah, pada Kamis (4/2/2021), menginstruksikan bahwa normalisasi sungai bisa dilakukukan melalui metode penyedotan, pengerukan serta pembersihan bantaran sungai menggunakan excavator dan peralatan lainnya.

Kadis PUPR Barito Utara M Iman Topik mengatakan pergerakan dan mobilisasi alat berat dilaksanakan pada hari ini, Jum’at (5/2/2021) menuju lokasi kegiatan.

Menurutnya, alat berat akan dikirim ke Desa Sikuy yang digunakan untuk melakukan normalisasi dan penangganan atas luapan air yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah RT di Desa Sikuy. (jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.