Polda Kalsel Dukung Penuh Kebijakan Normalisasi Sungai ala Pemkot Banjarmasin

0

POLDA Kalimantan Selatan menyatakan dukungan penuh terhadap upaya Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan normalisasi sungai pascabencana banjir yang melanda belakangan waktu tadi.

DIREKTUR Binmas Polda Kalsel Polda Kalsel, Kombes Pol Widiatmoko, berkata pihaknya mendapat perintah langsung dari Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto untuk membantu mempercepat proses normalisasi.

Ambil contoh, saat pemkot setempat membongkar salah satu bangunan posko pemadam kebakaran milik organisasi masyarakat Sangga Lima di Jalan Veteran, Kota Banjarmasin, Jumat (5/2/2021)

Menurut Widiatmoko, komunikasi yang humanis secara intensif terus dilakukan oleh kepolisian agar masyarakat mematuhi kebijakan Walikota dan membongkar sendiri bangunannya masing-masing yang masuk jalur normalisasi.

“Melaksanakan normalisasi hari ini kami membongkar Posko PMK Sangga Lima. Kebetulan ada ormas masyarakat yang nanti akan membobgkar sendiri sampai nanti batasnya Hari Minggu. Ini juga instruksi dari Pak Kapolda, bahwasanya kami membantu Pemko menormalisasi sungai sungai yang tersumbat,” ucap Widiatmoko.

Ia mengapresiasi dukungan dari masyarakat yang bersedia membongkar sendiri bangunannya, apalagi saat ini kata dia merupakan momen yang sangat tepat mengajak masyarakat dan seluruh pihak terkait melaksanakan normalisasi sungai.

Tujuannya, agar fungsi sungai dapat kembali seperti semula dan mencegah terulangnya banjir yang juga merendam Kota Banjarmasin yang diperparah pula karena faktor fungsi sungai yang sudah tak optimal.

Ketua Ormas Sangga Lima, Sulaiman mengaku sangat mendukung kebijakan normalisasi sungai tersebut.

Meski demikian, Sulaiman mengingatkan agar pembongkaran bangunan yang menghalangi atau menutup aliran sungai tidak tebang pilih.

“SK pak wali jangan sampai seperti macan ompong. Punya kami dibongkar tapi yang lain tidak jangan sampai, harus segera dibongkar jadi tidak ada yang merasa dirugikan. Semua harus dibongkar sama batasnya juga hari Minggu nanti,” kata H Sulaiman.

Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, M Isnaini yang juga memantau pelaksanaan pembongkaran bangunan di jalur sungai di Jalan Veteran ini mengatakan, masyarakat memang mendukung kebijakan tersebut.

Pasalnya, kata legislator fraksi Gerindra ini, banyak masyarakat termasuk yang pemukimannya di sekitar kawasan Jalan Veteran juga merasakan dampak genangan banjir saat bencana banjir besar di Kalsel terjadi awal Tahun 2021.

“Ini momentum, semua masyarakat merasakan dampak banjir. Jadi normalisasi sungai masyarakat pasti mendukung,” kata dia.

Dukungan DPRD Kota Banjarmasin dalam upaya ini kata dia ditunjukkan dengan Perda terkait yang sudah efektif berlaku

Dari aspek perencanaan pembangunan Kota Banjarmasin ke depan, pihaknya akan mengembalikan julukan Kota Banjarmasin adalah Kota Seribu Sungai, dengan menitikberatkan pembangunan mengutamakan kelestarian sungai. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Donmy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.