Dinilai Tak Efektif, Pemkot Banjarmasin Tetap Lanjutkan Program PPKM

0

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Banjarmasin resmi dilanjutkan pemerintah setempat, terhitung mulai Selasa (2/2/2021) besok hingga satu pekan mendatang.

SETELAH sempat disibukan dengan penanganan banjir, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menyebut bahwa PPKM harus kembali ditegakan.

“Kemarin kan memang kita menjeda satu pekan karena memang kondisi banjir, dan fokus kita untuk penanganan banjir. Ini sudah mulai pulih (banjir), dan semoga kita bisa fokus lagi PPKM,” ujarnya, Senin (1/2/2021).

Ibnu menegaskan, penegakan hukum dan disiplin protokol kesehatan dalam PPKM jilid II di Banjarmasin ini bakal ditingkatkan. Jauh daripada PPKM yang diberlakukan pada 11 sampai 25 Januari lalu yang diakuinya tak efektif.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa penerapan PPKM selama ini justru tak berjalan efektif.

Pernyataan itu diungkapkannya bukan tanpa alasan. Pasalnya, sepanjang PPKM dilaksanakan, kasus Covid-19 di Tanah Air malah terus meningkat.

“[PPKM] ini tidak efektif, kita harus ngomong apa adanya. Mobilitas masih tinggi sehingga di beberapa provinsi Covidnya tetap naik,” ucap Jokowi seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (31/1/2021).

Jokowi berkata, esensi dari kebijakan PPKM yang diberlakukan saat ini untuk mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya mobilitas masyarakat demi menekan laju penularan Covid-19.

“Esensi dari PPKM ini kan membatasi mobilitas, tetapi yang saya lihat di implementasinya ini kita tidak tegas dan tidak konsisten,” ujarnya. (jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.