Rumah Rusak Akibat Banjir Bakal Mendapat Bantuan

0

BANJIR yang melanda Kalimantan Selatan sejak beberapa hari lalu tak hanya mengakibatkan korban jiwa, namun juga menimbulkan kerugian yang tak sedikit. Sejumlah bangunan luluhlantak akibat terendam.

TERKAIT hal itu, Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mengatakan, bagi masyarakat yang terdampak langsung, pemerintah pusat akan melakukan pendataan secara akurat terhadap kerusakan tempat tinggal.  

“Bagi rumah yang rusak berat akan mendapatkan bantuan Rp 50 juta, setengah rusak Rp 25 juta, sedangkan terdampak  Rp 10 juta,” ujarnya kepada para wartawan di Banjarmasin, Selasa (26/1/2021).

BACA : Diterpa Wabah Dan Musibah; Alfamart Di Banjarmasin Bakal Bertambah, Pedagang Hanya Bisa Tabah

Tak hanya sampai disitu, Supian HK pun menyebut pemerintah pusat pun telah menggelontorkan bantuan mencapai Rp 500 juta dan pemerintah provinsi Kalsel juga telah menyalurkan sebesar Rp 500 juta.

Tak lupa politisi senior Partai Golkar ini pun menghimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media social. Jangan pernah menyebar informasi yang belum tentu kebenarannya.

BACA JUGA : Pencegahan Banjir Ala BSW Kalimantan III Didukung DPRD Kalsel

Agar persoalan banjir seperti ini tak terulang, pihaknya pun kata Supian HK telah melakukan berbagai macam upaya. Salah satunya dengan pengerukan sungai yang mengalami pendangkalan, sehingga aliran air semakin lancar, dan tidak terjadi pengendapan.

“Normalisasi sungai-sungai yang dangkal, lebih khusus Sungai Martapura, agar siap siaga menhadapi banjir,” bebernya.

Tak hanya itu, ia pun juga menyoroti pembangunan rumah di wilayah Kota Banjarmasin, yang tidak menerapkan sistem panggung, sehingga air tidak dapat mengalir. “IMB di Kota Banjarmasin harus sesuai dengan aturan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.