Kementan Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Balangan

0

KEMENTRIAN Pertanian (Kementan) RI salurkan bantuan logistik berupa bahan sembako dan lainnya  untuk korban banjir di Kabupaten Balangan, Sabtu (23/1/2021)

PENYALURAN
bantuan sosial ini langsung didistribusikan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel dan langsung diterima oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Rahmadi beserta jajarannya.

Kasi Metode Metologi pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel, Novi Firdaus yang menyerahkan bantuan tersebut menyampaikan, jika ada beberapa kabupaten dan kota di Kalsel yang mendapat bantuan dari Kementan RI, salah satunya adalah kabupaten Balangan. “Ini adalah bentuk Kesigapan dan empati pemerintah,” lanjutnya.

Ia menjelaskan bantuan tersebut ada sekitar 20 truk yang akan di bagikan ke delapan Kabupaten, untuk Balangan sendiri mendapat jatah satu truk yang akan di bagikan ke Kecamatan Lampihung

“Bantuan ini diantaranya sembako, obat obatan, perlengkapan bayi dan wanita,” ucapnya.

Khusus untuk bantuan bagi petani yang terdampak, lanjut dia, kini pihaknya tengah melakukan pendataan dan pengusulan ke Kementan agar ada bantuan yang diberikan kepada para petani yang lahan garapannya terdampak banjir.

“Kita berharap a bantuan benih maupun bibit pertanian bagi para petani terdampak banjir bisa segara terealisasi“ harapnya.

Kepala Dinas Pertanian Balangan, Rahmadi menyampaikan, terima kasih atas bantuan yang disalurkan kepada masyarakat petani yang ada di Kabupaten Balangan khususnya Kecamatan Lampihong

“Bantuan ini langsung kami serahkan ke Kecamatan Lampihong  dan nantinya akan di bagikan oleh pemerintah kecamatan setempat kepada korban terdampak banjir,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, pihaknya telah mengusulkan ke dinas pertanian provinsi untuk selanjutnya memberikan bantuan berupa benih baik itu benih padi, jagung dan hortikultura

“Balangan ada 2287 hektar sawah terdampak dan 88 hektar diantaranya tanaman padinya mengalami Puso dan ada benih yang sudah disemai sekitar 7 ton juga terkena dampak banjir,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.