Usai Banjir, Warga Ramai-ramai Memancing Ikan Lepas di Sungai Martapura

0 120

BELASAN pemancing atau bubuhan peunjunan ramai-ramai memadati kawasan Jembatan Pangeran Antasari Banjarmasin, pada Jum’at (22/1/2021). Membawa peralatan unjun sederhana, sedari pagi mereka tak beralih tempat, menanti patin lepas mematuk umpan.

BELAKANGAN, tren memancing memang kian digandrungi seiring dengan banyaknya ikan lepas usai bencana banjir menerjang sejumlah daerah di Kalimantan Selatan. Tak sedikit keramba yang hanyut bahkan rusak usai bencana ini.

Anang Murjani, seorang pemancing dari kawasan Kelayan B, mengakui hal tersebut. Ia sendiri sudah 10 hari terakhir bolak-balik nangkring di jembatan untuk mengambil kesempatan ini.

“Hampir rata-rata mereka yang mancing paling kada dapat ikan patin tiga ekor. Saya juga begitu,” kata dia.

Menariknya, kata Anang, untuk memancing patin lepas tak perlu memakai umpan-umpan khusus. Terkadang, tanpa umpan pun bisa.

“Iya bisa. Cuma pakai kail. Senar atau tantarannya hanya sambil ditarik-tarik. Biasanya memang ada satu dua yang naik ke permukaan air,” ujarnya.

Andre, pemancing lainnya, juga menceritakan bahwa dirinya sudah 3 hari terakhir bolak-balik rumah dan jembatan Antasari.

“Lumayan, dua ekor, kadang tiga. Ini ikannya kami makan aja. Ada jua yang dijual,” ujarnya. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.