Terdampak Banjir, Puluhan Kucing Alami Stres dan Sakit-Sakit

0 44

HAMPIR sepekan musibah banjir melanda sejumlah daerah di Kalimantan Selatan. Bukan hanya warga yang terdampak banjir, tapi hewan peliharaan seperti kucing pun turut menjadi korban.

MEREKA
pun harus diungsikan ke berbagai tempat penampungan hewan. Bahkan, tidak sedikit kucing-kucing di Kalsel dilaporkan mengalami sakit.

Ambil contoh, di Animal Care yang saat ini dijadikan tempat penampungan hewan terdampak banjir. Di sini, tercatat sudah ada puluhan kucing yang mengalami sakit.

BACA : Terdampak Banjir, Puluhan Ekor Kucing Di Kalsel Dievakuasi Ke Pengungsian Animal Care

Dari puluhan tersebut, penyakit yang dialami kucing pun beragam. Kebanyakan penyakit yang dialami mereka adalah stres ringan.

Menurut owner Animal Care, Muhammad, puluhan kucing yang mengalami stres ini rata-rata diakibatkan oleh panik. Sebab, mereka tidak terbiasa di kandang dan berada tempat baru.

“Kalau stres itu paling dia gak mau makan,” kata dia kepada jejakrekam.com, Selasa (19/1/2021).

Bila sudah seperti itu, Muhammad berkata, kucing yang mengalami stres tersebut harus diberikan vitamin dan minyak ikan akan kondisinya kembali fit dan nafsu makan.

BACA JUGA : Terkait Bencana Banjir Di Kalsel, Ini Yang Akan Dilakukan BSW Kalimantan III

Selain itu, dia mengatakan bahwa seluruh kucing yang baru dievakuasi atau diserahkan oleh majikannya untuk diungsikan, harus disemprot disinfektan terlebih dahulu.

“Kalau memang kucingnya sakit atau sudah ada gejala yang lebih, saya koordinasikan dengan dokter hewan,” ucapnya.

Paling parah, lanjut dia, ada insiden kucing sempat tenggelam yang dibawa ke penampungan miliknya. Kondisi kucing tersebut pun dalam keadaan lemas lantaran paru-paru-nya kemasukan air.

“Kalau sampai tenggelam itu biasanya lemas dan tidak mau makan. Kemarin ada juga orang yang ngirim kucing yang sempat tenggelam sampai airnya masuk paru-paru. Nah itu yang bahaya,” jelasnya.

Penampungan yang berada di Jalan Ahmad Yani Km 17, Kota Citra Graha Kabupaten Banjar ini kucing-kucing yang mengungsi dimasukkan dalam kandang. Menurut Muhammad, untuk satu kandang kecil maksimal hanya mampu menampung 2 ekor kucing. Sedangkan kandang berukuran besar, mampu menampung 5 sampai 10 ekor kucing.

“Tapi disini saya paling banyak 2 kucing dalam satu kandang, karena takut kucingnya berantem. Takut juga terkena penyakit dari kucing lain,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.