Terdampak Banjir, Puluhan Ekor Kucing di Kalsel Dievakuasi ke Pengungsian Animal Care

0 126

BENCANA banjir yang melanda Kalimantan Selatan pada awal tahun 2021 bukan hanya berdampak pada manusia. Hewan peliharaan seperti kucing pun harus merasakan sulitnya hidup di genangan air.

HAL ini membuat sejumlah orang yang tergabung Animal Care mengabdikan diri untuk menjadi relawan hewan yang ikut terdampak banjir.

Baru-baru ini, tepatnya sejak Kalsel ditetapkan status tanggap darurat banjir, Animal Care mulai menggalakkan aksi sosial. Dengan membukawadah pengungsian untuk berbagai jenis hewan yang kawasannya terendam banjir.

Owner Animal Care yang bertempat di Jalan Ahmad Yani Km 17 Kota Citra Graha Nomor 1, Kabupaten Banjar, Muhammad, mengaku tergugah untuk membuka penampungan terhadap hewan yang terdampak banjir.

Menurutnya, di tengah kondisi banjir ini para hewan tetap harus mendapat perhatian dan perlindungan.

“Manusia kan sudah banyak yang membantu mengevakuasi, tetapi seperti kucing-kucing ini masih banyak yang tertinggal. Karena majikannya ngungsi di tempat lain,” ucapnya kepada jejakrekam.com, Selasa (19/1/2021).

Muhammad mengaku saat ini hanya mampu menyediakan penampungan untuk berbagai jenis hewan. Namun, untuk proses evakuasi hewan yang masih terjebak banjir, pihaknya belum bisa membantu lantaran minim sumber daya manusia.

Beruntungnya, pria berusia 25 tahun itu mengatakan bahwa berbagai Pet Shop di Banjarmasin saat ini saling bersinergi membantu hewan yang terdampak banjir. Baik membantu penampungan, logistik makanan hingga proses evakuasi.

“Kami hanya menyediakan penampungan mas. Untuk proses evakuasi itu ada kawan-kawan di Banjarmasin seperti Cat Shelter,” ujarnya.

Menilik lokasi penampungan, hingga saat ini sudah ada sekitar 80 ekor hewan yang mengungsi di Animal Care. Dari puluhan itu, mayoritas pengungsi paling banyak adalah kucing kampung dan jenis ras. Sisanya ada hamster serta berbagai jenis burung.

Menurut Muhammad, puluhan hewan yang mengungsi itu berasal dari berbagai daerah. Seperti dari Kota Banjarmasin, Banjarbaru serta Kabupaten Banjar.

Ia menyatakan, saat ini persediaan logistik makanan untuk hewan yang mengungsi masih aman. Dia katakan, seluruh makanan tersebut berasal dari dirinya sendiri dan beberapa donatur.

“Kemarin ada yang berdonasi mencapai 2 sampai 3 juta, dan langsung saya belikan makanan. Sisanya, dari saya untuk menanggung makanan,” tuturnya.

Menurutnya, Animal Care masih bisa menampung ratusan hewan peliharaan yang akan mengungsi, khususnya berbagai jenis kucing. Tetapi, ia berharap para majikan agar membawa kandang hewannya sendiri.

“Karena kandang di tempat saya sudah menipis. Kalau soal tempat, di sini sampai ratusan masih bisa menampung,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.