Relawan Barito Utara Galang Dana Untuk Korban Banjir Kalsel

0

HARI pertama penggalangan bantuan untuk korban banjir Kalsel mendapat sambutan antusias masyarakat Kabupaten Barito Utara. Sumbangan mengalir dari para dermawan baik kalangan pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. 

RELAWAN yang bergabung dalam aksi solidaritas pun terus bertambah. Setidaknya 24 organisasi dan komunitas yang bergerak mengumpulkan sumbangan di sejumlah titik diantaranya Pasar Dermaga, Bundaran Dermaga, Bundaran Bupati, Bundaran Buah, Bundaran Patung, Pasar Pendopo, Simpang Anem dan Posko Induk Kantor DinsosPMD Barito Utara. 
“Penggalangan bantuan dimulai 17-21 Januari 2021. Hari ini sudah banyak bantuan berupa bahan makanan, pakaian dan uang,” ujar Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barut,  Eveready Noor, Minggu (17/1/2021). 

Sebagian relawan bahkan jemput bola ke rumah para dermawan. Bantuan tidak hanya datang dari warga Kota Muara Teweh, namun juga dari pedesaan yakni Desa Sikui dan Lemo. Sementara dari kantor dinas, datang mengantar sumbangan Kepala Badan Kesbangpol, Melpadona. Bantuan berupa sembako dan pakaian layak pakai. 

Plt Kadisnakertranskop dan UKM Batara, H Mastur mewakili Korwil IMI juga ikut mendampingi relawan di Posko Induk di Kantor DinsosPMD, Jalan Ahmad Yani Muara Teweh. Di Posko beberapa warga datang menyerahkan donasi uang dan barang.

Sampai sore ini telah terkumpul uang Rp 35.016.000 dan ratusan bungkus barang. Kemudian bantuan uang bertambah Rp 9,9 juta dari Kelurahan Melayu beserta komunitas motor, sehingga jumlah dana mencapai Rp 44,9 juta. Sedangkan barang telah terkumpul berjumlah 97 kardus dan 108 paket kantong kresek.

Adapun relawan terlibat terdiri dari Karang Taruna, BEM STAIS, HMI, Banser Ansor, Tagana, BEM Politeknik Muara Teweh, BEM STIE Muara Teweh, Pramuka Saka Wira Kartika, RMPB, Korwil IMI, Barahan Budas, Seputar Bintang Ninggi, Wonderfull Barito, RAPI, Pramuka MAN, Lahei Pandai Lungkuh, FAD Barito Utara, SMADA, Komunitas Suara Alam Borneo, OSIS SMKN 1, AMAN Barito Utara, MBC, PAL, Komunitas True Adventure, Fatayat NU, dan Jumat Sedekah. 

Kasi Perlindungan dan Penanggulangan Korban Bencana, Brahim menjelaskan, pengumpulan sumbangan ini resmi dan mendapat izin Pemkab Barito Utara. “Saat ini Bapak Plt Kadis sudah berada di lapangan dan untuk pengiriman bantuan kami koordinasikan dengan pihak berwenang di Kalsel,” cetusnya.  

Diutarakan Brahim, dalam pengumpulan uang dan barang harus mengikuti aturan yang berlaku. “Karena ada status tanggap darurat di Kalsel maka dibolehkan menggalang sumbangan sampai batas waktu tanggap darurat,” terangnya.

Ketua Karang Taruna Barito Utara, Roby Cahyadi mengutarakan, aksi solidaritas ini  melibatkan sejumlah organisasi pemuda, mahasiswa dan ormas.

“Bupati Barito Utara H Nadalsyah beserta jajaran Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat, mendukung penuh rencana aksi peduli korban banjir Kalsel maupun gempa di Sulawesi Barat,” bebernya didampingi Sekretaris Saleh Purwanto, Wakil Ketua Dayat Salikin dan Ketua Karang Taruna Teweh Tengah Lisda Riwayat. 

“Kami ucapkan ribuan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga yang telah membantu baik berupa uang dan pakaian juga sembako semoga Allah SWT membalas budo baik para dermawan,” tutur Dayat Salikin.

“Silahkan yang mau membantu bahan makanan, barang, pakaian layak pakai dan uang bisa melalui relawan dibentuk maupun ke Posko Koordinasi,” timpal Lisda Riwayat.

Saleh menambahkan, setelah mendapat masukan dari para relawan maka ditetapkan penggalangan bantuan dimulai pukul 07.30-10.00 WIB dan 15.30-17.00 WIB. (Jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.