Banjarmasin Darurat Banjir, Dari Sekolah Sampai Rumah Sakit Terendam

0 99

KOTA Banjarmasin saat ini masih berstatus Tanggap Darurat Banjir. Sejumlah kawasan di ibukota Kalimantan Selatan sampai Senin (18/1/2021) hari ini masih direndam banjir.

MERUJUK data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjarmasin, ketinggian air bervariasi. Mulai dari 50 centimeter sampai ketinggian 1,5 meter.

Tak ayal. Mulai sekolah-sekolah, masjid, fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit megah, kantor kepolisian hingga komplek perumahan elit.

BACA : Analisis Lapan Soal Banjir Kalsel: Dari Curah Hujan Sampai Berkurangnya Tutupan Lahan

Pantauan jejakrekam.com di lapangan, seperti Rumah Sakit Islam Banjarmasin, Rumah Sakit Bhayangkara, Kantor Polsek Banjarmasin Timur sampai kawasan Markas Polresta Banjarmasin ikut terendam air.

Khusus di kawasan RS Bhayangkara Banjarmasin, tinggi luapan mencapai lutut orang dewasa. Khususnya di bagian parkir, dan ruang tengah RS.

“Mulanya, ketinggiannya hanya sebatas mata kaki. Kini sudah mencapai lutut. Kurang lebih sudah sekitar empat hari terendam,” ucap salah seorang petugas RS yang enggan disebut identitasnya.

Dari luar hingga dalam, air menggenangi sejumlah kawasan di dalam RS. Seperti ruangan pasien sampai ruang operasi. Namun, tak ada tanda-tanda ruangan yang tergenang itu terisi pasien. Pintu-pintu tampak tertutup rapat.

BACA JUGA : Banjir, Pertamina Pastikan Kebutuhan BBM Dan LPG Di Kalsel Terpenuhi

Kuat dugaan, pasien sudah diungsikan ke ruangan lain yang lebih tinggi. Di sisi lain, meski tergenang, pelayanan RS swasta itu juga tampak masih terus berlangsung. Sebab, di loket pelayanan itu, tidak tergenang air.

Di Banjarmasin, per Minggu (17/1/2021) kemarin, sementara sudah mencatat 14.785 kepala keluarga yang berisi 47.319 jiwa, terdampak banjir.

Dari peta sebaran, tampak di Kecamatan Banjarmasin Utara yang paling merasakan dampak. Di kawasan itu, ada 8.984 KK 33.760 jiwa terdata mengalami dampak. Dan 51 KK 137 jiwa yang harus mengungsi.

Sementara jumlah pengungsi paling banyak tercatat di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Total pengungsi di wilayah itu tercatat sebanyak 290 KK 505 jiwa. Sedangkan jumlah terdampak ada 3.951 KK 8.112 jiwa.(jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.