Tiga Hari Tak Mengalir, PDAM Janjikan Hari Ini Bisa Kembali Normal

0 101

MELUAPNYA Sungai Batang Balangan bukan hanya menyebabkan banjir disebagian wilayah Kabupaten Balangan, tapi juga mengakibatkan puntun tempat mesin pompa PDAM Balangan terendam hingga produksi air bersih terhenti.

TERGANGGUNYA operasional PDAM Balangan ini terjadi di wilayah Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan, sejak Jumat (15/1/2021) sore.

Akibatnya, sudah sekitar dua hari ini warga di dua kecamatan kesulitan air bersih, sementara ada beberapa wilayah di kawasan ini yang mengalami musibah terendam banjir.

BACA : Bupati Dan Wabup Terpilih Terjun Ke Lapangan Bantu Korban Banjir

Direktur PDAM Kabupaten Balangan, Suriadi mengungkapkan, terganggunya operasional PDAM Balangan di dua wilayah kecamatan ini, karena ponton sempat terbalik disebabkan terjangan air sungai yang cukup deras.

Sehingga kata dia, hal itu mengakibatkan putusnya pipa dan matinya mesin pompa sentripugle yang berada di atas ponton, dan hanya menyisakan pompa bawah air atau submersible.

Selain itu, masalah juga ada di panel listrik yang tempatnya terendam air, sehingga perlu dilakukan evakuasi supaya tidak terjadi korsleting listrik. Hal ini lah yang menyebabkan produksi tidak bisa jalan.

“Setelah berjibaku selama dua hari ini, Alhamdulillah sudah bisa sedikit teratasi. Insyaallah hari ini juga produksi akan kembali jalan, namun belum bisa optimal, yang normalnya 200 liter per detik, saat ini baru bisa 100 liter per detik,” terangnya, Minggu (17/1/2021).

Dilain pihak, bupati terpilih periode 2021-2024 Abdul Hadi menuturkan, terkait terputusnya penyaluran air bersih ini sehingga mengharuskan pihaknya bersama tim terjun langsung ke lapangan untuk mengontrol dan memastikan bahwa pelayanan PDAM bisa segera teratasi.

“Menurut Direktur PDAM, pada hari ini air sudah bisa kembali didistribusikan kepada masyarakat secara bertahap,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.