Banjir di Kalsel, Anggota DPR Heru Widodo Minta Sediakan Posko dan Tenaga Medis

0

PEDULI musibah Banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel), Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Heru Widodo, cepat bergerak turun memantau sejumlah lokasi yang tergenang banjir di Kota Banjarmasin.

DITEMANI
rekannya Hilyah dan Zainal Hakim yang juga anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi PKB, Heru menyambangi lokasi pengungsian warga di Terminal Km 6 dan juga lokasi banjir di Jalan Kelayan Kecamatan Banjarmasin Selatan, sekaligus memberikan bantuan ratusan makanan siap saji, air bersih dan obat-obatan kepada warga terdampak.

“Setelah Muswil PKB Kalsel kemarin, kami bersama Zainal Hakim dan ibu Hilyah langsung turun memantau lokasi banjir dan penampungan pengungsi di KM 6,” ujar Heru disela pembagian bantuan kepada warga Sabtu (16/1/2021) malam.

BACA : Banjir Kalsel 2021: Pemerintah Didesak Review Izin Tambang-Sawit Dan Pulihkan Sungai Kritis

Anggota DPR RI dari Daerah pemilihan (Dapil) Kalsel) yang duduk di Komisi VII ini mengingatkan, warga terdampak tak hanya membutuhkan bahan makanan, tetapi juga perlu air bersih dan obat-obatan, karena para pengungsi sangat rawan terkena berbagai penyakit.

“Saya minta kepada Pemprov Kalsel maupun Pemerintah Kota Banjarmasin untuk segera sediakan posko penanganan banjir dan tenaga medis di lokasi pengungsian karena rawan terjangkit penyakit,” pinta Heru.

Dia juga menemukan dan melihat kondisi warga di penampungan Terminal Km 6 Banjarmasin ini banyak yang kurang sehat dan sakit. Sementara ditempat tersebut tak ada posko medisnya.

Begitu pula dilokasi lainnya seperti warga Kelayan, selain mereka disibukan menyelamatkan barang-barang dalam rumahnya, juga perlu diperhatikan ketersediaan obat-obatan untuk kesehatan mereka.

BACA JUGA : Banjir Kalsel: Panglima TNI Serahkan Puluhan Perahu Karet Untuk Kebutuhan Evakuasi Korban

Sesuai intruksi Ketua DPW PKB Kalsel, DR HM Zairullah Azhar, para kader PKB dan simpatisan serta anggota dewannya harus turun kemasyarakat memberikan bantuan bagi warga terdampak bajir di daerahnya masing-masing di Kalsel.

Berdasarkan data BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel mencatat ada 134.654 jiwa yang terdampak banjir di 10 kabupaten/kota se-Kalsel. Angka ini mengacu update bencana sementara dari BPBD, pada Minggu (17/1/2020).

Dari jumlah itu, sebanyak 33.007 jiwa tercatat mengungsi ke posko-posko banjir yang sudah didirikan oleh pemerintah, instansi, atau warga secara mandiri.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.