Warga Terdampak Banjir di Gambut, Dapat Bantuan PT Lintas Jawa Group

0

MUSIBAH banjir yang terjadi wilayah Kecamatan Gambut dan sekitarnya menjadi salah satu perhatian semua warga untuk peduli membantu saudara-saudara kita yang memerlukan uluran tangan.

TERKAIT musibah yang melanda tersebut langsung di respon cepat oleh Owner Ekspedisi PT  Lintas Jawa Group Banjarmasin, Saut Nathan Samosir yang turun langsung memberikan bantuan makanan ke posko penampungan masyarakat di gedung pemuda, Kecamatan Gambut saat hujan sedang mengguyur wilayah tersebut.

“Sebagai rasa peduli, kita coba membantu mereka makanan agar bisa bertahan dan tetap sehat serta bisa membantu meringankan beban pemerintah setempat,” ungkapnya, Jumat (15/1/2021).

BACA : Peringati HUT Ke-48, Fraksi PDI-P Bersihkan Sungai Hingga Bagikan Sembako

Adapun bantuan yang dikirim berupa mie instan, roti dan minuman dalam kemasan. Dirinya berharap bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban dari pihak kecamatan Gambut dalam membantu memenuhi kebutuhan makan para pengungsi korban musibah banjir yang berada di posko.

“Semoga bisa membantu para petugas dan korban banjir untuk menghadapi situasi  tersebut,” tutur Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi Partai PDI-P ini.

Sementara itu Camat Gambut, Ahmad Fauzan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang di salurkan PT LJS Group. Menurutnya bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat korban banjir di posko pengungsian.

“Bantuan ini akan kita distribusikan lagi ke posko lain, karena masih ada posko lain yang memerlukan bantuan di desa se Kecamatan Gambut,” tegasnya.

Dirinya juga mengatakan sebanyak kurang lebih ada sekitar 8000 jiwa yang terdampak musibah banjir di Kecamatan Gambut. Dari jumlah tersebut ada sekitar kurang lebih setengahnya sudah mengungsi ke posko-posko yang disediakan.

BACA JUGA : Berlubang, Oprit Jembatan Basirih Kerap ‘Memakan’ Korban

Proses evakuasi warga sendiri menggunakan perahu karet, dengan dibantu oleh relawan Barisan Pemadam Kebakaran (Damkar) swasta, dan Unit Pelaksana Teknis Damkar Kabupaten Banjar Sektor Gambut.

“Jadi ada sekitar 4000 jiwa telah mengungsi di beberapa posko terdekat, di seluruh Kecamatan Gambut,” ujarnya.

Bahkan khususnya di Desa Malintang dan Guntung Ujung kami menampung warga Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut yang juga dilanda banjir besar.

“Kita tetap upayakan untuk pengiriman bantuan logistik yang ada, sambil menunggu kiriman lain baik dari Pemda maupun para dermawan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.