Penanggulangan Banjir di HSU, DPRD Kalsel Sebut Perlu Koordinasi Antar Pemkab

0

SETIAP tahun musibah bencana banjir selalu melanda Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hal ini pun mendapat perhatian serius dari para wakil rakyat di DPRD Kalsel.

TERKAIT hal itu, Komisi IDPRD Kalsel pun melakukan kunjungan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Senin (11/1/2021). Hal ini dilakukan rangka monitoring kesiapan dalam menghadapi musibah banjir.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, H Syahdillah mengatakan, perlunya koordinasi antar pemerintah Kabupaten dalam menanggulangi permasalahan tersebut.

BACA : Komisi II DPRD Kalsel Harapkan Keikutsertaan Masyarakat Dalam Kelola Obyek Wisata

Menurutnya di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara terdapat pertemuan antara 2 sungai besar yaitu sungai yang berada di Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan, sehingga walaupun curah hujan rendah di Kabupaten HSU akan tetapi jika tingkat ketinggian air sungai di 2 Kabupaten tersebut maka akan berpengaruh juga pada wilayah Kabupten HSU.

“Sebagaimana kita tahu wilayah HSU merupakan pertemuan 2 sungai besar di Tabalong dan Balangan, sehingga juga berpengaruh terhadap ketinggian air di HSU, untuk itu perlu adanya koordinasi antar 3 pemerintah daerah tersebut, untuk itu kita akan mendorong Pemerintah Provinsi melalui BPBD Provinsi untuk bersama-sama mennyelesaiklan hal tersebut,” katanya.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten HSU, Drs Sugeng Riyadi yang menerima kunjungan mengungkapkan untuk di Kabupaten Hulu Sungai Utara dilihat dari pola tahun-tahun sebelumnya, minimal ada 2 kali pertahun dilanda banjir, yang mana ancamannya sampai akhir bulan Februari,

“Belajar dari tahun tahun yang lalu ancamannya sampai akhir Februari,” jelasnya. (jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.