Antisipasi Bahaya Banjir, Para Babinsa di Tabalong Diminta Pantau Kondisi Sungai

0

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Tabalong dalam beberapa hari terakhir membuat ketinggian air sungai di sejumlah wilayah di kabupaten ini meningkat.

MENGANTISIPASI bahaya banjir yang kerap terjadi, babinsa jajaran Kodim 1008/Tanjung meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana alam terutama banjir dengan melakukan pengecekan debit air sungai dan pemantauan wilayah. Senin (11/1/2021).

Menurut Danramil 1008-01/Muara Uya Kapten Inf Uung Sutandi kegiatan antisipasi ini sesuai dengan tugas babinsa sebagai Pembina Desa yang selalu bertindak sigap untuk mengantisipasi kejadian-kejadian di wilayahnya.

“Dari laporan Babinsa, luapan sungai Muara Uya naik ke jalan hingga menutupi jalan lintas provinsi, yang mengakibatkan aktivitas para pengendara menjadi terganggu,” ujarnya.

Dari pantauaan babinsa, di RT.02 Desa Namun Kecamatan Jaro, 3 buah rumah warga terendam air setinggi 50 centimeter.

“3 buah rumah warga dengan nama Adnan, Masnah dan Masrani terendam air, Hal ini dikarenakan posisi rumah berada di dataran rendah,” jelas Kapten Inf Uung Sutandi.

Terpisah, Letkol Inf Ras Lambang Yudha Komandan Kodim 1008/Tanjung memerintahkan Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 1008/Tanjung untuk terus melaporkan perkembangan di wilayah. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pantau terus situasi dan kondisi wilayah serta bantu dan imbau warga untuk mewaspadai banjir apabila curah hujan kembali tinggi,” pesan Dandim.

Kodim 1008/Tanjung siap siaga memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait untuk membantu mengantisipasi banjir. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.