Dinas Pertanian Barito Utara Gencarkan Pembinaan Petani dan Perkebunan Sawit

0

DINAS Pertanian Kabupaten Barito Utara terus melakukan pembinaan terhadap kalangan petani dan pihak perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di daerah ini. 

UNTUK program sawit sendiri saat ini ada dua lokasi pembibitan Sawit yang ikut mendukung program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Barito Utara. Tepatnya terletak di Desa Pandran Jari dan Desa Trinsing. 

Plt Kepala Dinas Pertanian Barut, Sahmiludim Surapati,  Sabtu (9/1/2021) mengatakan, kegiatan pembibitan secara teknis dan penjadwalan, kondisinya sudah berjalan baik. 

Dia berharap dari hasil sertifikasi bibit oleh Balai Perlindungan Perkebunan dan Pengawasan Benih Provinsi Kalteng nantinya akan banyak bibit sawit yang lolos uji dan dinyatakan layak untuk bisa di tanam di lahan yang terkena Program PSR tahun 2020 maupun tahun 2021.

Menurutnya,  penyediaan bibit sawit yang sehat, unggul dan bersertifikat sangat penting dan menjadi keharusan untuk menjamin pemasaran, produksi dan produktifitas yang akan didapat oleh petani sawit.

“Bapak Bupati Nadalsyah bahkan secara khusus mengingatkan kepada jajaran distan untuk betul-betul mengawal dengan baik program ini,  agar bisa memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup para petani,”kata Sahmiludin. 

Ia menjelaskan saat ini prospek tanaman sawit sebagai sumber alternatif utama energi nabati masa depan. Apalagi untuk ketersediaan lahan sangatlah luas di beberapa kecamatan. 

Sahmiludin juga menambahkan dinas pertanian sesuai dengan arahan juga menginginkan untuk diperjuangkan lahan yang hanya ditumbuhi semak belukar dan tumbuhan tidak produktif milik masyarakat lokal diluar kawasan kebun sawit yang sudah ada bisa dimasukkan dalam program semacan itu. 

“Bila ini nantinya bisa disetujui, maka ada kesempatan yang luas bagi masyarakat lokal, bukan cuma jadi penonton tapi juga bisa memiliki kebun sawit sendiri yang bisa menjadi sumber penghidupan dan masa depan,”ujar Sahmiludin. (jejakrekam)

Penulis Syarbani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.