Dinas Perpustakaan Balangan Akan Tambah Koleksi Buku

0

PERSOALAN minat baca menjadi salah satu indikator yang terus diperhatikan, bukan hanya melalui program kerja perpustakaan daerah tapi juga menjadi tanggung jawab elemen lainnya.

KEPALA Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan Mahyudi mengatakan, pihaknya terus mendorong peningkatan minat baca khususnya di kalangan anak-anak.

Upaya ini dilakukan, menurut dia, tidak terlepas dari kondisi saat ini peningkatan kualitas minat baca anak-anak mulai berkurang, terlebih di era teknologi seperti gadget, handphone dan berbagai game berbasis internet kian menjamur.

‘‘Persoalan meningkatkan minat baca ini adalah tugas kita bersama, tak terkecuali bagi ibu rumah tangga, dapat juga turut berperan penting dalam meningkatkan minat membaca buku bagi anak-anak. hal itu sebenarnya merupakan salah satu kewajiban kita sebagai orang tua terhadap keluarga dalam upaya mendidik anak-anak kita,‘‘ bebernya, Selasa (5/1/2021).

Pihaknya sendiri, menurut Mahyudi, guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, senantiasa menambah koleksi bukunya.

“Kita berencana akan kembali menambah koleksi buku dari pinjaman perpustakaan daerah provinsi. Dan buku itu, nantinya sebagian juga akan kita distribusikan ke perpustakaan yang ada di Kecamatan,’’ ujar Mahyudi.

Penambahan koleksi buku ini, menurut Mahyudi, tidak terlepas dari usaha pihaknya dalam meningkatkan minat dan daya baca masyarakat Balangan.

Ini penting menurut Mahyudi, sebab jumlah koleksi buku dengan kebutuhan para pembaca sangat berkaitan erat, dimana orang akan malas datang keperpustakaan jika buku sebagai bahan referensi yang dibutuhkannya tidak tersedia atau terbatas.

Terlepas dari itu, lanjut dia, khusus untuk perpustakaan daerah, selain menyediakan koleksi buku yang banyak pelayanan peminjaman pun dilakukan secara digital dan online serta tanpa biaya atau gratis, bahkan bagi para pengunjung juga disediakan akses internet gratis saat berada di perpustakaan.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga menjalankan beberapa program guna menunjang minat baca masyarakat salah satunya lewat gerakan gemar membaca.

“Gerakan ini harus kita jadikan sebagai kebiasaan dan kebutuhan. Dengan demikian akan muncul kecintaan terhadap buku. Saya juga berharap perpustakaan menjadi pusat dan kunci belajar,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.