Ada Kasus Covid-19, Sekolah Wajib Berhentikan Belajar Tatap Muka

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin telah memutuskan skema belajar tatap muka untuk seluruh sekolah di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dimulai pada 11 Januari 2021 mendatang.

SEMENTARA
,  untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin bakal memberlakukan simulasi belajar tatap muka kepada 10 sekolah pada 18 Januari 2021.

Sistem pembelajaran secara luring (luar jaringan) ini digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Dengan waktu pembelajaran yang juga dipangkas.

BACA : Hanya Untuk Zona Hijau-Kuning, Sekolah Tatap Muka Di Banjarmasin Dimulai Januari 2021

Namun begitu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan, bahwa belajar tatap muka bisa saja dihentikan bila ditemukan kasus baru Covid-19 di sekolah tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa per enam hari sejak dimulainya pembelajaran tatap muka akan dievaluasi terkait keamanan, keselamatan dan kesehatan di sekolah.
“Begitu ditemukan kasus Covid-19 di sekolah tersebut, maka pembelajaran tatap muka kita hentikan di sekolah tersebut,” tegasnya, Selasa (29/12/2020).

Lantas, apakah sekolah tersebut masih boleh menggelar pembelajaran tatap muka?

Ibnu katakan masih boleh. Tapi, pihak sekolah harus kembali mengajukan permohonan pembelajaran tatap muka dari awal, dengan sejumlah persyaratan yang ditetapkan.

BACA JUGA : Catat, Dinkes Banjarmasin Keluarkan 16 Rekomendasi Tempat Pelaksanaan Rapid Test Antigen

Di sisi lain, ia menegaskan bahwa tenaga pengajar khususnya para guru nantinya juga akan dilakukan tes swab secara massal.

Hal ini, kata dia, bertujuan agar memberi rasa aman dan keselamatan tenaga pengajar saat melakukan tugas di tengah pandemi Covid-19.

“Seluruh guru yang akan menjalani pembelajaran tatap muka itu harus diswab dulu, dan itu kita gratiskan,” tuturnya.

Ditambahkannya, tes usap corona tersebut diprioritaskan kepada para guru yang mempunyai penyakit penyerta atau komorbit.

Selain itu, sebelum pembelajaran tatap muka ini digelar nantinya, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin akan melakukan visitasi ke setiap sekolah.(jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.