Bertemu Ratusan Babinsa, Wabup HSS Ungkap Persoalan yang Dihadapi Pemda

0

MENJADI garda terdepan dalam tatanan berbangsa dan bernegara, peran TNI-Polri tak bisa dipisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya konsep pemerintahan saat ini.

WAKIL Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad pun melakukan audensi jajaran Kodim 1003/Kandangan, diikuti ratusan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Aula Makodim Kandangan, Rabu (23/12/2020).

Bagi Wabup Syamsuri Arsyad, pemerintah daerah sangat terbantu dari peran nyata kolaborasi TNI-Polri, khususnya dalam penanganan wabah Covid-19.

“Sinergitas antara pemerintah daerah dengan jajaran TNI-Polri, tak hanya dalam bentuk apel atau upacara formal, tapi dari pertemuan itu bisa mengkristal. Kami ingin mendengar kebutuhan TNI, tentunya dengan keterbatasan anggaran pemerintah daerah bisa disinergikan,” tuturnya.

BACA : Binter Terpadu, Kodim 1003/Kandangan Gelar Bakti Sosial

Mantan Ketua DPRD HSS ini mengungkap peran TNI sangat dibutuhkan, bukan hanya kondisi darutat, tapi dalam melaksanakan pembangunan.

“TNI ini punya mata dan telinga sampai ke desa. Makanya, kami menggali barangkali ada yang potensi-potensi kerawanan sosial maupun informasi-informasi yang perlu disampaikan” ungkap Wabup Syamsuri.

Ia menekankan persoalan yang dihadapi pemerintah daerah, tak hanya soal pembangunan infrastruktur, dan keamanan, namun situasi pandemi Covid-19 ini, maka energi yang dikeluarkan harus ekstra. Khususnya, dalam menegakkan protokol kesehatan tetap terjaga di tengah masyarakat.

“Angka pengguna narkoba cukup tinggi ditambah persoalan lain yang saat ini mengemuka di tengah masyarakat yaitu adanya warung jablay. Segala persoalan ini, kalau kita pecahkan secara bersama tentu akan mudah diselesaikan,” ucap Syamsuri.

BACA JUGA : Sudah Zona Kuning Covid-19, Bupati HSS Minta Pendatang Diawasi Ketat

Ia pun berpesan agar Babinsa agar di setiap Musrenbang desa, agar ikut menyuarakan penggunaan dana desa lebih pada keperluan peningkatan produktifitas  ketimbang hanya untuk peningkatan fisik, seperti jalan desa yang dirasa sudah cukup baik.

Dandim 1003/Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono mengapresiasi apresiasi yang diberikan Pemkab HSS, karena selama ini sinergitas antara pemda dengan TNI-Pliri terjalin erat.

“Saya tegaskan, sampai kapan pun dan jajaran Kodim 1003/Kandangan siap sedia ikut membantu memajukan Kabupaten HSS,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Al Firman
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.