Pandemi Covid-19, Perayaan Nataru Diharapkan Dilakukan Secara Sederhana

0

STAF Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik, Sutikno memimpimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Intan 2020 yang digelar di Halaman Mapolres Balangan, Senin (21/12/2020).

HADIR
dalam apel tersebut, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, Dandim 1001/Amt-Blg, Kejari Balangan, Ketua PN Paringin, sejumlah Kepala OPD, Ketua MUI Balangan dan sejumlah undangan lainnya.

Sutikno menyampaikan bahwa masih ada peningkatan kasus Covid-19, dengan begitu, aktivitas masyarakat Kabupaten Balangan harus berjalan dengan baik terarah dan terkendali dengan penerapan protokol kesehatan. Ia pun  berharap perayaan natal dan tahun baru dapat dilaksanakan secara sederhana.

BACA : Jelang Nataru, Harga Bahan Pokok Di Balangan Aman

“Seperti biasa ada tradisi perayaan natal dan tahun baru, namun sehubungan dengan adanya pandemi  Covid-19, maka akan dilaksanakan dengan menerapkan keterbatasan-keterbatasan melalui operasi Lilin Intan.

Keterbatasan itu adalah tidak ada perayaan natal secara besar-besaran, tetapi tetap hikmat.

Dilarang merayakan tahun baru secara berlebihan, kembang api, petasan, dan pertunjukan berlebihan, demikian juga pembatasan di daerah kunjungan wisata,” ujarnya.

“Jadi kami himbau kepada warga Balangan yang merayakan natal dan tahun baru agar bisa selalu menjaga dan mematuhi protocol kesehatan Covid-19,” tegas Sutikno.

Sementara itu, Kapolres AKBP Nur Khamid menyampaikan  bahwa apel tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan operasi lilin 2020 dalam rangka perayaan natal dan tahun baru 2020/2021 yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 15 hari, yang dimulai pada tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

“Perayaan natal dan tahun baru dirayakan secara Universal yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat-pusat keramaian. Peningkatan kegiatan sangat berpotensi menimbulkan gangguan, dengan mengedepankan kegiatan prefentif secara humanis dan penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga masyarakat tetap bisa merayakan natal dan tahun baru secara aman,” ujar Kapolres usai apel.

Dalam pengamanan pelaksanaan natal dan tahun baru Polres Balangan sudah mempersiapkan 80 personil gabungan, polri 50 personil, TNI dan instansi terkait lainnya 30 personil.

“Personil personil ini nanti selain melakukan patroli keliling khusus didaerah rawan juga standby diposko,” ujarnya.

Ia juga berharap untuk  seluruh jajaran yang bertugas dalam operasi lilin bisa antisipasi dan bertindak yang tepat dalam menangani gangguan yang ada.

“Beberapa kewajiban yang harus disiapkan dalam bertugas, menyiapkan fisik, lalukan deteksi diri, tingkatkan kepekaan dan kewaspadaan, melaksanakan keamanan secara profesional dan humanis, laksanakan penegakan hukum secara proporsional, kerja sama, tetap menjadi tauladan bagi masyarakat dan keluarga,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.