Berakhir di Padang Batung dan Loksado, Bupati HSS Sebut Bansos Bisa Bangkitkan Kepercayaan Diri

0

SECARA bertahap, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat penerima. Jika sebelumnya, menyapa Kecamatan Angkinang dan Kecamatan Telaga Langsat, kini giliran Kecamatan Padang Batung dan Loksado.

BUPATI Achmad Fikry menyerahkan bantuan sosial berupa Program Rumah Sejahtera (PRS), Usaha Ekonomi Profuktif (UEP), Bersama Peduli Anak Yatim (Berupaya), Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) dan Jaminan Hidup Lanjut Usia (Jadup Lansia) kepada para penerima untuk Kecamatan Padang Batung dan Loksado, di Aula Kantor Kecamatan Padang Batung, Selasa (22/12/2020).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSS, Nordiansyah mengungkapkan untuk Kecamatan Padang Batung pada PRS sebanyak 70 orang KPM, UEP 25 orang KPM, Jadup lansia 114 orang, Berupaya 8 anak, dan PKSA 14 orang anak.

Sedangkan, beber dia, Kecamatan loksado mendapat bantuan PRS sebanyak 37 orang KPM, Jadup lansia 32 orang, Berupaya 5 orang anak, dan PKSA terdapat 1 anak.

BACA : Puluhan Warga Daha HSS Terima Bansos Rumah Sejahtera, Masing-Masing Keluarga Dapat Rp 13 Juta

“Hari ini merupakan terakhir penyerahan bantuan sosial. Ini berarti, sekarang sudah 11 kecamatan yang dibagikan di antaranya bantuan sosial berupa Program Rumah Sejahtera (PRS), Usaha Ekonomi Profuktif (UEP), Bersama Peduli Anak Yatim (Berupaya), Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) dan Jaminan Hidup Lanjut Usia (Jadup Lansia),” papar Bupati HSS Fikry.

Ia mengakui karena masa pandemi Covid-19 agar seluruh penerima bantuan sosial untuk selalu tetap menaati protokol kesehatan.

“Supaya tidak kena Covid-19, Ikhitiarnya harus pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, menjaga jarak menghindari kerumunan dan patuh dengan aturan protokol Kesehatan yang ada”, ujar Fikry.

Ia menjelaskan rumah layak huni, rumah yang rusak diperbaiki, orang lanjut usia diberikan jaminan hidup agar bisa lebih percaya diri karena ada uang di tangan untuk kebutuhannya sehari-hari.

BACA JUGA : Gandeng FKLP Kota Banjarbaru, Pegiat Seni Terima Bansos dari Polda Kalsel

“Selain menerima jadup lansia juga menerima beras dan lain-lain dari pemerintah sehingga bantuan ini bisa saling menopang atau melengkapi satu dengan yang lainnya”, ungkapnya.

Bupati Fikry menegaskan penyaluran bansos ini merupakan salah satu upaya pemda bagi masyarakat  HSS sebagai wujud kepedulian dalam melayani masyarakat.

“Kami berharap apa yang sudah diserahkan bisa meringankan beban hidup mereka bisa lebih menyejahterakan masyarakat, bermanfaat dan dimanfatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan penerima sesuai dengan peruntukkannya,” paparnya.(jejakrekam)

Penulis Al Firman
Editor Ichal

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.