Hindari Hura-hura, Kapolda Kalsel Minta Warga Lewati Malam Tahun Baru dengan Ibadah

0

KEPALA Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan, Irjen Pol Rikhwanto, menegaskan bahwa pihaknya tidak bakal mengeluarkan surat izin keramaian saat malam pergantian tahun baru 2021 mendatang.

ALIH-ALIH hura-hura, Rikhwanto menyarankan masyarakat agar perayaan akhir tahun diisi dengan kegiatan mandiri tanpa kerumunan massa. Dia usul warga lebih banyak ibadah serta berdoa di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Mari kita bersama dengan seluruh komponen masyarakat. Kita cegah penyebaran Covid-19. Kita sukseskan Natal dan tahun baru,” ujar Rikhwanto saat mengikuti Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Kalsel, Jum’at (18/12/2020)0 di Banjarmasin.

Untuk mengantisipasi kerumunan tersebut, ia pun menegaskan bahwa penjagaan ketat akan dilakukan bersama personel dari TNI-Polri serta aparat pemda.

“Jika ditemukan pelanggaran, akan ditindak tegas sesuai aturan karantina kesehatan pandemi Covid-19. Tindak secara persuaif, serta tindakan tegas dilakukan penutupan,” tegasnya.

Dijelaskannya bahwa, personel gabungan dari TNI, Polri dan aparat Pemda, akan diturunkan untuk mengamankan pekan perayaan Hari Raya Natal dan Tahun baru di Kalsel dan sekitarnya. Memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru di setiap gereja dilakukan pembatasan kapasitas ketat.

Dia juga menerangkan bahwa Polda Kalsel nanti akan melakukan Gelar Operasi Intan jelang Natal dan Tahun Baru 2021. Jumlah pasukan yang disiapkan menggelar operasi pekat dan lainnya guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sejurus dengan kepolisian, Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Kalsel, M.Muslim, mengatakan pemerintah dareah juga akan mengeluarkan larangan bagi masyarakat agar tidak melakukan berpergian ketempat wisata dan tidak berpergian keluar daerah.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalimantan Selatan agar tidak berpergian keluar daerah yang zonasi penularannya berbahaya, karena akan menambah peningkatan kasus di Kalimantan Selatan,” pesannya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.