Tabalong Akan Gelar Kegiatan Balarut Maharagu Sungai

0

KOMUNITAS Jelajah Tabalong bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup setempat kembali akan menggelar kegiatan Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) 2020.

KEGIATAN
ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari yakni dari 26 hingga 27 Desember 2020.

Ketua Panitia Bamasung 2020, Jamani mengatakan, kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai komunitas dan UPBS yang ada di Tabalong.

“Targetnya ada 15 Tim yang akan mengikuti kegiatan ini. Setiap tim diisi empat orang,” ujarnya usai menggelar rapat koordinasi bersama panitia dan DLH Tabalong. Kamis (17/12/2020).

Pada kegiatan ini ungkap Jamani para peserta akan mengarungi Sungai Tabalong yang rutenya telah ditentukan panitia selama dua hari dengan menggunakan rakit yang terbuat dari enam buah ban dalam yang sebelumnya sudah dirangkai peserta dengan sekreatif mungkin. 

Tak hanya sekedar mengarungi Sungai Tabalong, para perserta tambahnya juga akan diminta memungut sampah yang berada di sungai di sepanjang rute yang mereka lalui.

Selain itu, di rakit-rakit yang digunakan peserta juga dipasang spanduk yang berisikan himbauan-himbauan untuk menjaga kelestarian Sungai Tabalong. 

“Jadi kita di sini konsepnya sambil mengarungi Sungai Tabalong juga turut melestarikannya dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di aliran sungai,” bebernya.

Jamani juga menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan ini pihaknya akan mengutamakan protokol kesehatan Covid-19 yang diberlakukan pemerintah.

Pihaknya ucapnya akan mewajibkan pada panitia, peserta maupun masyarakat yang akan menonton kegiatan ini untuk menerapkan 3M seperti, memakai masker, menjaga jarak atau menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Mengingat ini masih pandemi, kemungkinan penonton juga akan kita batasi dan apabila pada saat pelaksaan kegiatan ada peserta yang tidak patuh protokol kesehatan maka akan langsung kami pulangkan,” tegasnya. 

Jamani pun berharap, dengan adanya kegiatan ini, tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kelesetarian Sungai Tabalong dapat lebih meningkat.

“Karena kalau bukan kita yang menjaga kelestariannya siapa lagi. Lestarikanlah Sungai Tabalong untuk anak cucu kita,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.