Efektif Sekolah Tatap Muka 4 Januari, Disdik HSS Akui Banyak Orangtua Siswa Jenuh

0 81

SEBANYAK 239 sekolah dasar yang ada di 11 kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dipastikan efektif memulai sistem pembelajaran tatap muka pada 4 Januari 2021 mendatang.

KEPALA Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten HSS, Umar Dani mengatakan meski masih berada di masa pandemi virus Corona (Covid-19), namun belajar mengajar tatap muka tetap diberlakukan pada awal Januari 2021 nanti.

“Kami sudah menginstruksikan semua sekolah untuk menyiaplkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Sebab, pada 4 Januari 2021 sudah efektif model belajar tatap muka di sekolah,” ucap Umar Dani kepada awak media di Kandangan, Senin (14/12/2020).

Bahkan, menurut dia, pihaknya juga sudah menganggarkan untuk pengadaan sarana pendukung protokol kesehatan melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS).

BACA : Awal Tahun 2021, Pembelajaran Tatap Muka di Kelas Mulai Diberlakukan Disdik HSS

Selain itu, masih menurut dia, melalui dana BOS afirmasi untuk membantu sekolah yang belum tercukupi dalam penerapan protokol kesehatan oleh pemerintah pusat.

“Bantuan BOS afirmasi digunakan untuk membeli sarana untuk mencegah penularan Covid-19 di setiap kelas,” beber Umar Dani.

Ia mengatakan penerapan sekolah tatap muka pada 4 Januari 2021 mendatang sangat didukung para orangtua. Ini karena, banyak hal yang disampaikan melalui melalui Inspektorat HSS secara online, yang sudah jenuh belajar di rumah.

“Murid-murid sudah jenuh belajar di rumah dan mereka bertanya kapan sekolah tatap muka,” ujar Umar.

Dia berharap kepada orangtua siswa dapat mendukung penuh dalam pembelajaran sekolah tatap muka, untuk menjaga anak-anak baik di sekolah maupun di rumah dalam menaati protokol kesehatan.

“Jangan sampai ada klaster baru Covid-19. Patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala SDN Hamalau 1, Muhammad Yusri, mengatakan pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan orangtua siswa. Mayoritas mereka setuju dengan pembelajaran sekolah tatap muka yang dimulai 4 Januari 2021.

“Insya Allah, orangtua dan siswa sudah siap melaksanakan sekolah tatap muka awal tahun nanti,’ ujarnya.

BACA JUGA : Sukses Terapkan Sekolah Tangguh, Kepsek SDN Murung Sari 5 Raih Penghargaan Kemendikbud

Yusri mengatakanuntuk menghadapi sekolah tatap muka awal tahun, semua fasilitas protokol kesehatan sudah dipersiapkan, dengan menyiapkan tempat cuci tangan, alat cek suhu tubuh, menjaga jarak duduk, meniadakan kantin sekolah.

“Kami juga melarang pedagang yang masuk areal sekolah, untuk mencegah penularan Covid-19,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis A Firman
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.