Peringatan Harkannas 2020: Pemkab Barito Utara Tebar Benih Nila 100 Ribu Ekor

0

MEMPERINGATI Hari Ikan Nasional (Harkannas), Pemkab Barito Utara melakukan penebaran benih Ikan Nila 100 ribu ekor di Dusun Transbangdep Desa Bintang Ninggi I, Kecamatan Teweh Selatan, Selasa (8/12/2020).

ACARA dipimpin Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Ketua DPRD Mery Rukaini. dihadiri unsur forum kepala perangkat daerah dan masyarakat desa setempat.

Bupati Barito Utara Nadalsyah mengatakan bahwa salah satu optimalisasi lahan sawah irigasi dan peningkatan pendapatan petani adalah dengan merekayasakan lahan dengan teknologi tepat guna.

BACA JUGA: Ada 80 Warga Sudah Kena HIV/AIDS, DPRD HSS Rancang Perda Pencegahan

Cara yang dapat dilakukan dengan mengubah strategi pertanian dari sistem monokultur ke sistem diversifikasi pertanian, salah satunya adalah menerapkan teknologi budidaya mina padi.

“Dengan adanya pemeliharaan ikan di persawahan selain dapat meningkatkan keragaman hasil pertanian, meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan kesuburan tanah dan air serta mengurangi hama penyakit pada tanaman padi,” ucap Nadalsyah.

BACA JUGA: Perkuat Operasi Yustisi, Dandim Muara Teweh Nilai Masyarakat Belum Indahkan Prokes Covid-19

Budidaya mina padi, kata Nadalsyah, adalah suatu bentuk usaha tani gabungan antar budidaya dan budidaya padi yang memanfaatkan genangan air sawah yang di tanami padi sebagai kolam untuk budidaya ikan dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan petani dan efesiensi lahan.

Program ini merupakan bantuan sarana dan prasarana budidaya mina padi yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui Balai Pembenihan Budidaya Air Tawar Mandiangin.

Hal ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Utara agar tetap dapat mengembangkan usaha budidaya padi dan ikan di tengah pandemi covid-19 yang telah melanda bangsa Indonesia. (jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.