Hasil Raihan Suara Sementara, Duet Aditya-Wartono Menangi Pilwali Banjarbaru

0

CUKUP mengejutkan. Nama duet calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin-Wartono untuk sementara unggul sebagai pemenang perebutan kursi orang nomor 1 dan 2 dalam adu suara rakyat pada Rabu (9/12/2020).

INI jika mengacu pada rekapitulasi perolehan suara Pilkada Banjarbaru 2020 yang dirilis Tim Pemenangan Aditya-Wartono, dibanding dua rivalnya, Gusti Iskandar-AR Iwansyah dan H Martinus-Darmawan Jaya Setiawan.

Pasangan calon nomor urut 2 ini dari lima kecamatan yang ada di Banjarbaru, unggul di Kecamatan Cempaka, Landasan Ulin, Liang Anggang. Sementara, di Kecamatan Banjarbaru Utara dan Banjarbaru Selatan, duet usungan Golkar; Iskandar-AR Iwansyah, meski dengan hasil kemenangan tipis.

Namun, dari total 556 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di lima kecamatan di Banjarbaru, duet Aditya yang akrab disapa Ovie bersama kader PDIP, Wartono lebih unggul.

BACA : Intip Harta Kekayaan 3 Paslon Kontestan Pilwali Banjarbaru 2020; Dari Belasan Juta Hingga Puluhan Miliar

Rinciannya, total suara yang bisa didulang Aditya-Wartono dalam Pilwali Banjarbaru 2020 kali ini adalah 43.275 suara atau 39,34 persen. Sementara di posisi kedua ditempati Gusti Iskandar Sukma Alamsyah-AR Iwansyah dengan raihan 33.960 suara atau 30,88 persen. Di posisi terakhir, paslon nomor urut 3, H Martinus-Darmawan Jaya Setiawan meraih 32.766 suara atau 29,79 persen. Total suara yang dicatat tim pemenangan Aditya-Wartono adalah sebanyak 110.007 suara.

Ketua Tim Pemenangan Aditya-Wartono, Muhammad Subakhi mengklaim kemenangan jagonya itu sudah didapat berdasar data dari para saksi yang ditempatkan di tiap TPS di Banjarbaru.

“Jadi, hasilnya merupakan real count 100 persen, sehingga bisa dipastikan Aditya-Wartono memenangi Pilwali Banjarbaru 2020. Perbedaan dengan paslon lain terpaut 10 ribu suara,” ucap Subakhi saat dikontak jejakrekam.com, Rabu (9/12/2020).

BACA JUGA : Persaingan Suara Tiga Kandidat di Pilkada Banjarbaru Diprediksi Sengit

Menurut dia, dengan hasil kemenangan itu, tim Aditya-Wartono akan mengawal dari proses penghitungan manual dari kecamatan sampai ke tingkat KPU Banjarbaru.

“Tentu kemenangan ini harus dikawal, makanya para saksi akan mengawal. Apalagi, kami sudah punya data C1 lengkap dari TPS-TPS yang ditempatkan para saksi. Jadi, kami bersyukur atas kemenangan dan kepercayaan masyarakat Banjarbaru,” ucap Plt Ketua DPC PPP Kota Banjarbaru ini.

BACA JUGA : Efek Libur Panjang November, Kini Banjarbaru Ditetapkan Zona Merah Covid-19

Sementara itu, Ketua KPU Kota Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat mengakui belum bisa merilis hasil penghitungan suara versi KPU. “Memang, dari versi yang beredar di media sosial, menyebutkan Aditya-Wartono yang unggul. Namun, kami dari KPU tetap berpegang pada penghitungan resmi. Jadi, tunggu saja versi resmi dari KPU,” tegas Hegar.

Ia pun berharap dengan kondisi pandemi Covid-19 serta cuaca yang sempat tak menentu, karena hujan turun, angka partipasi pemilih tetap tinggi. “Syukur-syukur bisa 70 persen lebih. Untuk sementara, kami juga belum menerima laporan atau rekomendasi dari Bawaslu Banjarbaru untuk pemilihan ulang dari TPS yang dianggap bermasalah,” ucap Hegar. (jejakrekam)

Penulis Rahim/Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.