Disapu Hujan dan Angin Kencang, TPS 10 Bangkal Cempaka Porak-Poranda

0 103

HUJAN deras disertai angin kencang menyapu wilayah Kelurahan Bangkal, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarmasin, Rabu (9/12/2020) pagi sekitar pukul 09.00 Wita. Akibatnya, tempat pemungutan suara (TPS) 10 Kelurahan Bangka pun porak-poranda.

UNTUNGNYA, tidak ada korban jiwa atau terlupa dalam peristiwa sapuan angin kencang yang melanda TPS 10 Kelurahan Bangkal. Dari rekaman video pendek berdurasi 00.50 detik, seorang warga setempat melaporkan detik-detik kejadian ketika TPS 10 Kelurahan Bangkal disapu angin kencang disertai hujan.

“Tahambur (porak-poranda) TPS 10, terbalik nah, tahambur tongkatnya. Tolong dicabut (cabut) lampu (listrik). Terbalik atapnya, selamatkan kotak (suara). Ini semua terkumpul di rumah habib,” ucap seorang pria itu.

Sapuan itu membuat atap TPS terbuat dari terpal plastik pun roboh. Semua petugas baik kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), pengawas dan lainnya berhamburan keluar. Mereka segera menghindari tempat kejadian, berlindung di salah satu rumah warga.

BACA : Cek Kesiapan TPS, Paman Birin Ingin Pastikan Petugas Laksanakan Protokol Kesehatan Ketat

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat membenarkan kejadian itu. Menurut dia, dari laporan yang masuk, kejadian sapuan angin kencang yang menghantam TPS 10 Kelurahan Bangkal, Kecamatan Cempaka itu terjadi pada pukul 09.00 Wita.

“Angin cukup kencang menyapu dari kawasan Cempaka sampai perbatasan Tanah Laut. Memang, ini kondisi alam, karena cuaca ekstrem di bulan Desember ini masih terjadi,” ucap Hegar Wahyu Hidayat kepada jejakrekam.com, Rabu (9/12/2020).

Menurut dia, sebelum kejadian yang memporak-porandakan TPS 10 Kelurahan Bangkal, sempat tercatat ada 171 warga yang memiliki hak suara telah menyalurkan kewajiban di TPS tersebut. Namun, begitu kejadian, langsung disetop dan dipindah ke tempat lain.

“Jadi, tercatat masih ada 90 lebih warga yang belum mendatangi TPS untuk mencoblos surat suara. Dari laporan yang kami, saat kondisi di TPS tersebut sudah berlangsung normal kembali,” kata Hegar.

BACA JUGA : Kerahkan 1.438 Personel, Kapolda Kalsel Perintahkan Tindak Tegas Jika Ganggu TPS

Mantan Direktur Eksekutif Walhi Kalsel ini mengingatkan agar warga dan petugas TPS berhati-hati dengan kondisi alam, karena saat ini memang tengah musim hujan dengan cuaca ekstrem.

“Terpenting, jaga kesehatan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kita berharap dengan kondisi pandemi dan cuaca buruk, partisipasi pemilih tetap tinggi di pilkada tahun ini,” tutur Hegar.

Terpisah, Plt Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan pun mengakui ada satu TPS di Kelurahan Bangkal, Kecamatan Cempaka yang disapu angin kencang.

“Dari laporan yang masuk, kondisi sekarang sudah normal kembali. Memang sempat ada gangguan pada pagi tadi, tapi begitu lokasi TPS dipindahkan, warga sudah bisa menyalurkan hak pilihnya,” kata Wakil Walikota Banjarbaru.

Orang nomor satu di Kota Idaman yang akrab disapa Jaya ini berharap dengan kondisi pandemi dan cuaca ekstrem, angka partisipasi pemilih untuk pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru dan Gubernur-Wakli Gubernur Kalsel tetap tinggi di kota itu.(jejakrekam)

Penulis Rahim
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.