Cek TPS Secara Acak, Wakil Walikota Hermansyah Minta Patuhi Prokes Covid-19

0

MENGECEK kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan pada Rabu (9/12/2020) ini, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah pun memantau ke lapangan.

WAKIL Walikota Hermansyah tak sendiri, juga ditemani pejabat teras Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banjarmasin, saat mengunjungi sejumlah TPS di kota ini, Selasa (8/12/2020) malam.

Secara acak, Wakil Walikota Hermansyah pun mengunjungi TPS yang tersebar di sejumlah kelurahan di lima kecamatan Banjarmasin.

Di Banjarmasin Barat, misalkan, rombongan Wakil Walikota Hermansyah mengunjungi TPS 18 Kelurahan Telawang. Para petinggi kota ini sempat berbincang dengan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Kemudian, dilanjutkan ke TPS 13 Kelurahan Pasar Lama yang masuk kawasan terpadat di Banjarmasin Tengah.

BACA : Petugas Wajib Tegas, Anggota Tim Pakar ULM Ingatkan Potensi Penularan Covid-19 di TPS

Untuk kawasan Banjarmasin Utara, Wakil Walikota Hermansyah pun mengunjungi TPS 02 Kelurahan Sungai Miai, tepat di halaman Gedung Sultan Suriansyah, Jalan Brigjen H Hasan Basry, Kayutangi.

Sempat berbincang dengan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banjarmasin Utara, Iberahim yang menjelaskan standar prosedur berlaku pada saat pemungutan dan penghitungan suara dengan memperketat protokol kesehatan.

Politisi PDIP itu juga mengecek detail dari daftar pemilih tetap (DPT) yang ditempel, contoh surat suara serta perlengkapan seperti cuci tangan, dan lainnya.

Usai dari Kayutangi, rombongan bergerak menuju TPS 16 Kelurahan Banua Anyar, Banjarmasin Timur. Sama seperti yang dilakukan di TPS sebelumnya, Wakil Walikota Hermansyah dengan mengenakan masker sasirangan mengingatkan agar mematuhi protokol kesehatan, karena pilkada tahun ini digelar di tengah pandemi Covid-19.

Terakhir, rombongan beranjak menuju ke kawasan Kelurahan Pekauman, tepatnya di TPS 11. Di TPS  ini, cukup banyak pemilih yang terdaftar seperti ditempel KPPS di papan pengumuman.

BACA JUGA : Kerahkan 1.438 Personel, Kapolda Kalsel Perintahkan Tindak Tegas Jika Ganggu TPS

“Kami ingin memastikan ketersediaan logistik yang telah disiapkan KPU yang didistribusikan dari PPK ke PPS, hingga TPS. Jadi, semua TPS harus siap untuk menggelar pemungutan dan penghitung suara besok hari,” ucap Hermansyah.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini pun mengingatkan agar prosedur yang berlaku dalam prokes Covid-19 harus ketat diterapkan. Ini terlihat dari beberapa peralatan yang disiapkan seperti alat pengukur suhu, hand sanitizner dan lainnya.

“TPS yang menampung para pemilih harus mematuhi prokes. Namun, dari hasil pantauan, sudah memenuhi apa yang telah ditentukan,” kata Hermansyah.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.