Balas Klaim Tim BirinMu, Versi Quick Count Pilgub Kalsel, Denny Indrayana Sebut Menang Tipis

0

PERGERAKAN perolehan suara dua petarung pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan terus dinamis. Meski di satu sisi, tim BirinMu (Sahbirin Noor-Muhidin) mengklaim kemenangan hasil pemungutan suara, Rabu (9/12/2020).

KLAIM kemenangan disuarakan Ketua Tim Pemenangan BirinMu, Rifqinizamy Karsayuda kepada awak media di Banjarmasin, Rabu (9/12/2020).

“Quick Count langsung kami ambil dari saksi-saksi kami se- Provinsi Kalimantan Selatan. Alhamdulillah hasilnya, kendati tidak sesuai dengan ekspektasi kami kemenangan dengan persentase besar, kami unggul dibanding paslon 02,” ujar Rifqi, sapaan akrab politisi PDI Perjuangan ini.

Dia menyebut paslon Birin-Mu unggul dengan persentase kemenangan 51,48 persen, sedangkan perolehan paslon H2D (H Denny Indrayana-Difriadi Darjat) sebesar 48,52 persen, atau unggul 2,9 persen.

BACA : Tim Pemenangan BirinMu Klaim Unggul 51,48 Persen Suara, Versi Quick Count Internal

Sementara itu, dalam akun facebooknya calon Gubernur Kalsel nomor urut 2, Denny Indrayana berkomitmen untuk mengawal perhitungan suara. Sebab, berdasarkan hasil hitung cepat Lembaga Survei Indikator Politik, H Denny – H Difriadi (H2D) unggul tipis.

“Walaupun demikian kita harus mengawal hasil ini, sampai tahapan akhir. Kita setelah ini melihat penghitungan di kecamatan, tentu ada pengawalan di TPS baik di kelurahan, desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi,”ucap mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM era Presiden SBY ini.

Denny berpesan kepada pendukungnya untuk mengawal perhitungan suara dengan cara-cara yang tertib, terhormat dan bermartabat, sehingga bisa menimalisir kemungkinan manipulasi perhitungan suara.

“Mudah-mudahan sampai ujung akhir perhitungan kita bisa melihat, kemenangan buat H Denny-H Difriadi, atas izin suratan takdir Allah, melalui pilihan pian-pian (Anda) di bilik suara,” ujar Denny.

BACA JUGA : Beda Pendapat BirinMu dan H2D soal Nasib Pengelolaan Potensi Laut di Kalsel

Sekadar diketahui, ada banyak versi hitung hasil Pilgub Kalsel 2020, Indikator dengan suara masuk 96,33 persen per Rabu (9/12/2020) pukul 18.43 WIB, menempatkan raihan suara BirinMu (nomor urut 1) unggul tipis 50,18 persen berbanding dengan H2D (nomor urut 2) terpaut 49,82 persen.

Begitupula, Charta Politika merilis dengan 98,33 persen suara yang masuk pada Rabu (9/12/2020) pukul  18.43 WIB, juga menggambarkan BirinMu, dari kubu incumbent menang tipis 50,40 persen berbanding kubu penantang, H2D sebanyak 49,80 persen.

Namun, ketika diakses di situs resmi KPU RI dalam laman pilkada2020kpu.go.id, belum bergerak maju untuk raihan suara baik kubu petahana maupun penantangnya. Bahkan, tampak ada sedikit gangguan. Ketika bisa diakses, dengan progress 667 dari 9.069 TPS atau 7,35 persen, H2D unggul tipis 50,9 persen selisih 49,1 persen milik BirinMu.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.