KPU HSU Bakar 418 Surat Suara Pilgub Kalsel yang Rusak

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar pemusnahan surat suara pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel yang rusak, agar tak digunakan di hari pemungutan suara, Rabu (9/12/2020) besok.

PEMUSNAHAN surat suara ini juga dipimpin Ketua KPU Kabupaten HSU Rina Mei Saputri didampingi Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, Dandim 1001/ Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, Bawaslu HSU dan saksi dua pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel nomor 1 dan 2.

Dengan cara dibakar di dalam kardus, proses pembakaran surat suara ini berlangsung di halaman kantor KPU HSU, Jalan Kuripan Nomor Nomor 22, Kelurahan Murung Sari, Amuntai Tengah.

Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri mengatakan, pemusnahan surat suara ini dikarenakan surat suara ada yang rusak. Di antaranya, ada  gambar foto guram, ukuran tidak semetris, surat suara bercak-bercak dan masih ada yang lain.

“Total surat suara yang rusak 418 lembar, yang baik tersisa 23 lembar. Semua yang rusak itu telah kita musnahkan,” ucap Rina.

BACA : 2,7 Juta Lembar Surat Suara untuk Keperluan Pilgub Kalsel Siap Didistribusikan

Untuk total surat suara setelah dilakukan penghitungan, pelipatan, penyortiran sebanyak 165.815 lembar. Sedangkan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten HSU tercatat sebanyak 1.161.506 orang.

“Target kami, partisipasi pemilih mencapai 79 persen lebih di pilkada tahun ini. Semoga sesuai dengan apa yang kita harapkan,” kata Rina.

Selain itu, menurut dia, ada beberapa kategori pemilih di Kabupaten HSU, Yakni, pemilih tetap, pemilih tambahan yang menggunakan kartu tanda penduduk (KTP), dan pemilih pindahan menggunakan formulir A5.

“Pemilih sebelum menggunakan hak pilihnya di TPS, harus dilakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu. Bila tekanan suhu tubuh mencapai 37,3 derajat Celcius, maka kita siapkan bilik khusus agar dia bisa menggunakan hak pilihnya,” pungkas Rina.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.