Besok, 448.157 Warga Banjarmasin yang Punya Hak Suara Memilih Calon Pemimpin Kota dan Kalsel

0

SEBANYAK 448.157 warga Banjarmasin yang memiliki hak suara dipastikan akan bisa menyalurkan pilihan di 1.199 tempat pemungutan suara (TPS) yang disebar di 52 kelurahan di ibukota Kalimantan Selatan.

DI Banjarmasin sendiri ada dua even pemiliha. Yakni, memilih salah satu pasangan calon dari empat pasangan calon Walikota-Walikota Banjarmasin. Yakni, nomor urut 1, Abdul Haris Makkie-Ilham Noor, nomor urut 2 Ibnu Sina-Arifin Noor, nomor urut 3 Khairul Saleh-Habib Ali Alhabsyi, dan nomor urut 4 Hj Ananda-Mushaffa Zakir.

Sedangkan, satu lagi surat suara yang bisa dicoblos adalah untuk pemilihan calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel yakni nomor urut 1 H Sahbirin Noor-H Muhidin dan nomor urut 2, H Denny Indrayana-Difriadi.

Untuk total pemilih di Banjarmasin, terbayak didominasi Banjarmasin Selatan yang terbagi dalam 12 kelurahan dengan 107.782 orang, terdiri dari 53.308 pemilih laki-laki dan 54.474 pemilih perempuan. Mereka akan menyalurkan hak pilihnya di 301 TPS.

BACA : Bawaslu Banjarmasin Telusuri Informasi Bagi-Bagi Kupon Dan Pengumpulan KTP

Disusul Kecamatan Banjarmasin Utara dengan 10 kelurahan, tercatat ada 100.492 pemilih yang akan ditampung 256 TPS. Di bagian utara ibukota Kalsel, pemilih perempuan masih mendominasi sebanyak 51.347 orang, berbanding 49.145 pemilih laki-laki.

Kantong suara pemilih terbanyak ketiga berada di Kecamatan Banjarmasin Barat, terdiri dari 9 kelurahan dengan total pemilih 95.698 orang. Mereka akan menyalurkan hak suara di 253 TPS, dengan jumlah pemilih perempuan sebanyak 48.478 orang dan 47.220 pemilih laki-laki.

Sementara itu, ada 80.503 pemilih yang terdiri dari 9 kelurahan berada di Kecamatan Banjarmasin Timur. Ada 220 TPS untuk mengakomodir hak pilihnya, terdiri dari 38.764 pemilih laki-laki dan 41.739 orang pemilih perempuan.

BACA JUGA : 2.856 Surat Suara Pilkada Rusak, KPU Banjarmasin Jamin Tetap Mencukupi

Terakhir, di pusat kota, Banjarmasin Tengah terdata berdasar daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 63.682 pemilih yang punya hak suara, terdiri dari 32.783 pemilih perempuan dan 30.899 pemilih laki-laki yang akan ditampung di 169 TPS terbesar di 12 kelurahan.

Ketua Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Banjarmasin Utara, Iberahim mengingatkan agar anggota KPPS saat pemilih brerada di TPS bisa menyerahkan formulir model C pemberitahuan KWK dan menunjukkan e-KTP atau surat keterangan serta menandatangani formulir model C,daftar hadir pemilih-KWK.

“Anggota KPPS memberikan kantong plastik sedang, surat suara tinta, pipet dan alat coblos serta bantalan kepada pemilih,” kata Iberahim kepada jejakrekam.com, Selasa (8/12/2020).

Nah, menurut dia, bagi pemilih yang sedang sakit di rumah dan lanjut usia, maka anggota KPPS memberikan kantong plastik sedang, surat suara tinta, pipet dan alat coblos serta bantalan kepada keluarga pasien.

“Jadi, bagi pemilih yang menjalani isolasi mandiri karena terinfeksi Covid-19, maka KPPS harus mengenakan baju hazmat atau alat pelindung diri (APD),” kata Ahim, sapaan akrabnya.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah TPS pun tampak sudah berdiri. Biaya pembangunan TPS pun telah diberikan KPU Banjarmasin masing-masing ke KPPS yang terbagi tiap RT di kelurahan.

“Kami sudah membuat TPS sejak kemarin, mungkin malam nanti sudah rampung, sehingga bisa segera digunakan warga yang memiliki hak suara,” ucap Ketua RT 13 Kelurahan Alalak Tengah, Yusran.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.